Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Senin, 12 Juni 2023 - 07:21 WIB
loading...
A A A
Di konsol tengah ada tombol-tombol seperti electric parking brake, auto hold, dan drive mode yang dapat dipilih antara mode sport dan normal. Sayangnya, pengaturan jok masih belum elektrik. Sedikit mengurangi kesan mewah.

SINDONews juga suka sekali dengan desain tuas kemudinya, mewah dan enak digenggam. Ruang kaki untuk 2 penumpang dewasa di belakang masih cukup lega. Kursi belakang juga dapat dilipat untuk meningkatkan ruang bagasi.

Banyak Layar
Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Aksen kayu di Honda e memang kontras dengan banyaknya layar yang ada di mobil ini. Total ada 6 layar dengan beragam fungsi. Pertama, Anda akan mendapat layar instrumen 8,8 inci untuk melihat informasi kecepatan, RPM, baterai dan lainnya.

Kemudian, ada sepasang layar sentuh 12,3 inci sebagai head unit. Lalu, masih ada layar yang menampilan video dari kamera spion berukuran 6 inci. Bahkan, spion tengah pun bisa menampilan video dari kamera belakang.

Anda bisa memilih menampilkan wallpaper, memutar algu, informasi baterai, bahkan bermain PlayStation 5. Kita juga bisa mengatur masing-masing layar menampilkan apa. Plus, sudah mendukung Android Auto dan Apple Carplay.

Mungkin ini juga mengapa kabin Honda e terasa seperti ruang keluarga atau ruang kerja. Karena semua yang Anda butuhkan ada dan tersedia.

Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Sebagai pelengkap, ada colokan HDMI, USB tipe C, power outlet 12 volt, dan soket listrik 3 lobang.

Dengan kapasitas battery yang ada, pengguna dapat menggunakan soket listrik 12V DC dan 230V AC untuk menghubungkan berbagai perangkat elektronik yang bisa dilakukan saat pengisian daya.

Spion Kamera
Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Keunikan Honda e lainnya adalah absennya spion yang digantikan oleh mirror camera. Kita bisa melihatnya di layar 6 inci dalam resolusi 4K. Jangan khawatir, kameranya bisa menyesuaikan berbagai kondisi pencahayaan. Bisa juga memilih pandangan normal atau wide.
Klaim Honda, spion kamera ini bisa mereduksi blind spot hingga 50 persen (wide) dan 10 persen (normal).

Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Keuntungan lain, Anda tidak perlu khawatir ketika berpapasan dengan mobil lawan arah di gang sempit. Minusnya, tentu saja mirror camera mudah sekali dicuri.

Kok Baterainya Kecil?
Tes Drive Honda e, Mobil Listrik Retro-Futuristik yang Punya Jiwa

Honda e hanya mengusung kapasitas baterai 35,5 kWh yang dapat menempuh jarak sejauh 220 km. Ini hampir separuh lebih kecil dibanding rival seperti Hyundai Ioniq 5.

Ternyata, project leader Honda e Kohei Hitomi punya alasannya sendiri mengapa ngotot menggunakan baterai yang kecil. Menurutnya, baterai kecil menyesuaikan ukuran Honda e yang ringkas, memangkas berat jadi hanya 1.527 kilogram, membuat kabin jadi terasa lapang dan lega, serta lebih cocok untuk kebutuhan perkotaan.

Keuntungan lain dari baterai kecil adalah kecepatan ngecas. Untuk ngecas penuh memakai daya 7.4 kW Type 2 AC butuh waktu hanya 4.1 jam. Adapun menggunakan fast charging, hanya butuh 30-36 menit dari 0-80 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)