Mengenal Fungsi Anti-lock Brake System pada Motor

Selasa, 13 Juni 2023 - 19:05 WIB
loading...
A A A
Katup-katup ini adalah gerbang minyak rem dari master silinder menuju silider roda. Katup-katup ini juga bertugas untuk memanipulasi tekanan hidrolik dari master silinder ke silinder roda.

3. ABS Pump (H3)


ABS pump atau pompa ABS berfungsi untuk mengembalikan tekanan hidrolik pada silinder roda setelah tekanan hidrolik drop karena pembukaan karup ABS.

Cara kerja ABS pump adalah saat roda terkunci maka tekanan hidrolik pada roda akan dikurangi sampai akhirnya roda kembali berputar.

Ketika roda sudah berputar kembali, maka pompa ABS akan mengembalikan tekanan hidrolik dengan cepat.

4. ABS Control Module


ABS Contol Module adalah prosesor mikro yang menganalisa pemeriksaan diagnostik dari sistem ABS suatu kendaraan dan memproses informasi dari sensor kecepatan pada roda dan sistem rem hidrolik untuk menentukan kapan waktunya melepaskan tekanan rem pada roda yang akan mengunci lalu mulai jalan.

ABS Control Module bekerja berdasarkan data yang dikirim dari sensor. Data tersembut kemudian diolah dan hasilnya akan digunakan untuk memberi perintah kepada valve dan ABS pump (akuator).

5. Speed Sensor

Sensor ini terpasang pada roda bagian depan dan roda bagian belakang. Sensor inilah yang memiliki tugas untuk membaca kecepatan perputaran roda depan dan belakang secara bersamaan, lalu datanya dikirim ke modul ABS.

6 Wheel Cylinder

Wheel Cylinder berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik pada minyak rem menjadi tenaga mekanis sehingga kampas rem dapat bergerak.

Pada saat kampas rem bergerak, maka akan tercipta gesekan serta panas, hal ini akan akan memperlambat laju dari kendaraan.

7. Hydraulic Brake Channels

Bagian ini berfungsi untuk memberi jalur pada aliran minyak rem dari master silinder ke silinde roda.

Perlu diingat bahwa ABS adalah sistem pengereman yang bekerja secara elektronik sehingga rem tidak membuat putaran roda terkunci, dan bukan untuk membuat rem lebih kuat atau pakem.

8. Indikator ABS

Indikator ini terletak pada panel speedometer di motor. Saat indikator ABS bekerja dengan baik atau terus menyala, rem depan dan belakang juga akan bekerja dengan baik.

Akan tetaoi, tanpa fungsi anti-lock, indikator ABS juga mungkin akan berkedip-kedip jika roda belakang diputar saat keadaan sepeda motor tidak menyentuh tanah.

MG/Thesalonika Alvina
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2220 seconds (0.1#10.140)