Sejarah Mobil Ford, Berawal dari Mobil Murah hingga Jadi Kelas Dunia

Selasa, 20 Juni 2023 - 20:38 WIB
loading...
Sejarah Mobil Ford, Berawal dari Mobil Murah hingga Jadi Kelas Dunia
Henry Ford berdiri disamping mobil Ford model A. Foto: ist
A A A
DETROIT - Ford merupakan salah satu produsen mobil paling terkenal di dunia. Pabrikan asal Amerika ini diketahui berdiri sejak Juni 1903.

Terbentuknya merek besar ini dimulai ketika sang founder Henry Ford menginginkan kendaraan yang bisa dipakai oleh masyarakat umum. Semua mobil yang diciptakannya berawal dari Ford model A.

Sejarah Mobil Ford

Dikenal sebagai pecinta otomotif, Henry Ford membangun sendiri kendaraan bertenaga bensin pertamanya yang disebut Quadricycle di sebuah bengkel belakang rumahnya pada tahun 1896.

Sejarah Mobil Ford, Berawal dari Mobil Murah hingga Jadi Kelas Dunia

Ford model A yang masih dalam kondisi sangat terawat.

Sementara Ford sendiri kala itu masih bekerja sebagai Chief Engineering pada pabrik Edison Illuminating Company di Detroit.

Setelah beberapa kali gagal dalam memproduksi mobil, Ford pun mengumpulkan 12 pemegang saham, termasuk dirinya untuk menandatangani perjanjian kerjasama. Mereka pun kemudian mendirikan Ford Motor Company (FMC).

Berkat ketelatenannya dalam berusaha, Henry bersama anggota FMC memulai bisnis dari skala kecil. Pada 20 Juli 1903 atau satu bulan setelah perusahaan berdiri, pengiriman mobil murah model A pertama dilakukan kepada seorang dokter gigi di Detroit, AS.

Sejak saat itu, FMC mulai menggunakan 19 huruf alfabet pertama guna menamai kendaraan produksinya yang baru.

Ketika memasuki alfabet T pada tahun 1908, FMC kemudian menjadi raksasa industri mobil yang mendunia dan dapat menjual 15 juta kendaraan model T.

Sejarah Mobil Ford, Berawal dari Mobil Murah hingga Jadi Kelas Dunia

Pesatnya penjualan membuat FMC kemudian mendirikan Ford Thunderbird pada tahun 1950-an. FMC pun menjadi perusahan publik pada 24 Februari 1956 dan mendapatkan 350.000 pemegang saham baru di seluruh dunia.

Henry Ford II sangatlah peka terhadap perkembangan ekonomi dan politik dunia, sehingga menjadikan FMC sebagai perusahaan dunia dengan berdirinya Ford Eropa pada 1967, tepatnya sebelum terbentuknya Masyarakat Ekonomi Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)