Mantan Tokoh Industri Otomotif Dunia Carlos Ghosn Gugat Nissan USD1 Miliar

Rabu, 21 Juni 2023 - 14:11 WIB
loading...
Mantan Tokoh Industri Otomotif Dunia Carlos Ghosn Gugat Nissan USD1 Miliar
Carlos Ghosn, mantan ketua Nissan yang kabur dari Jepang mengajukan gugatan lebih dari USD1 miliar (£785 juta) pada produsen mobil tersebut. Foto/SkyNews
A A A
JAKARTA - Carlos Ghosn, mantan ketua Nissan yang kabur dari Jepang mengajukan gugatan lebih USD1 miliar (£785 juta) pada produsen mobil tersebut. Ghosn kabur dari Jepang usai menerima tuduhan pelanggaran keuangan beberapa waktu lalu.

Sang taipan yang pernah dianggap sebagai tokoh industri otomotif paling kuat di dunia itu menuding Nissan melakukan kejahatan pencemaran nama baik, fitnah, dan pemalsuan materi bukti.

Sidang dalam kasus tersebut diajukan di Lebanon, dan dijadwalkan pada 18 September mendatang.

Seperti dikutik dari Skynews, gugatan itu akan dilihat secara luas sebagai upaya perlawanan oleh pria berusia 69 tahun itu, yang selalu membantah tuduhan yang dia hadapi di Tokyo.

Sebelumnya, Ghosn melarikan diri dari Jepang dengan bersembunyi di dalam kota peralatan musik di atas jet pribadi pada Desember 2019 lalu. Pesawat itu membawanya ke Lebanon, rumah masa kecilnya, di mana dia tinggal sejak saat itu.

Seorang veteran pasukan khusus AS dan putranya kemudian mengaku secara ilegal membantu Ghosn melarikan diri dari Jepang.

Ghosn, yang telah menunggu persidangan di Jepang atas tuduhan pendapatan yang tidak dilaporkan, pelanggaran kepercayaan dan penyelewengan dana perusahaan, mengatakan dia melarikan diri dari sistem peradilan yang "dicurangi" dan dia bermaksud untuk membersihkan namanya.

Pada tahun 2021, dia kehilangan klaim bahwa dia diberhentikan secara keliru dari perannya sebagai ketua aliansi Nissan-Mitsubishi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)