Mobil Listrik Terbang Alef Aeronautics Dapat Izin Mengudara dari FAA

Kamis, 29 Juni 2023 - 17:40 WIB
loading...
Mobil Listrik Terbang Alef Aeronautics Dapat Izin Mengudara dari FAA
Mobil listrik terbang Model A produksi Alef Aeronautics sudah mendapat izin beroperasi dari The Federal Aviation Administration (FAA). Foto/Daily Mail
A A A
CALIFORNIA - Mobil listrik terbang Model A produksi Alef Aeronautics sudah mendapat izin beroperasi dari The Federal Aviation Administration (FAA). Mobil terbang seharga USD300.000 (Rp4,5 miliar) dirancang mampu membawa dua penumpang dan lepas landas vertikal dari mana saja.

Alef Aeronautics yang berbasis di California mengumumkan bahwa mobil listrik dua kursi Model A telah menerima Sertifikasi Kelaikan Udara Khusus terbatas dari FAA pada Selasa 27 Juni 2023. Namun, FAA masih membatasi lokasi dan tujuan mobil terbang Model A buatan Alef Aeronautics untuk terbang.

“Izin dari FAA ini merupakan satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah raksasa untuk mobil. FAA secara aktif mengatur kebijakan untuk kendaraan lepas landas dan mendarat vertikal serta mengatur interaksi dengan infrastruktur darat,” keterangan juru bicara Alef Aeronautics dikutip SINDOnews dari laman Daily Mail, Kamis (29/6/2023).



Perusahaan menyebutkan telah menguji prototipe Model A ukuran penuh sejak 2019. Kendaraan telah dirancang untuk kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal dan dapat membawa satu hingga dua penumpang.

Alef mengatakan mobil terbang listrik ini mampu berjalan baik di jalan umum. Di jalan raya, menurut situs web Alef, mobil listrik terbang Model A akan dikategorikan sebagai Low-Speed Vehicle (LSV).
Mobil Listrik Terbang Alef Aeronautics Dapat Izin Mengudara dari FAA


Pada konferensi pers Universitas Draper, San Mateo, California, Alef meluncurkan model mobil sport ukuran penuh dan dua mobil demonstran teknologi yang berfungsi penuh. Selama dan setelah manuver lepas landas vertikal mobil terbang, kabin pengemudi, penumpang, dan sekitarnya distabilkan oleh desain kabin gimbal berputar yang direkayasa khusus.



"Kami senang menerima sertifikasi ini dari FAA. Ini memungkinkan kami bergerak lebih dekat untuk membawa orang ke perjalanan yang ramah lingkungan dan lebih cepat," kata CEO Alef Jim Dukhovny.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)