Hyundai Kalahkan Samsung Sebagai Perusahaan Paling Menguntungkan di Korea Selatan

Kamis, 29 Juni 2023 - 23:28 WIB
loading...
Hyundai Kalahkan Samsung Sebagai Perusahaan Paling Menguntungkan di Korea Selatan
Hyundai tetap mempertahankan gelar peringkat pertama sebagai perusahaan paling menguntungkan dari 261 industri di Korea Selatan sampai kuartal kedua tahun 2023. Foto/Chosun
A A A
SEOUL - Hyundai tetap mempertahankan gelar peringkat pertama sebagai perusahaan paling menguntungkan dari 261 industri di Korea Selatan sampai kuartal kedua tahun 2023. Hyundai mengalahkan perusahaan elektronik Samsung dalam perolehan laba operasional.

Menurut layanan informasi keuangan FnGuide, Hyundai mencapai perkiraan laba operasi sebesar 3,61 triliun Won (Rp41,1 triliun) pada kuartal kedua. Itu menandai rekor laba tertinggi baru untuk produsen mobil tersebut, sedikit lebih tinggi dari rekor kuartal sebelumnya 3,59 triliun Won dan naik 21% dalam setahun.

Prestasi tersebut dikaitkan dengan pertumbuhan penjualan mobil karena pasokan suku cadang stabil, sementara Samsung masih terperosok dalam kemerosotan industri semikonduktor. Namun, analis memperkirakan Samsung akan mendapatkan kembali posisi teratas pada kuartal ketiga.



Kedua adalah afiliasi Kia, yang laba operasinya diperkirakan sebesar 2,98 triliun won, naik 33% dalam setahun. Laba operasi kuartal kedua Samsung diperkirakan mencapai 209,2 miliar won, turun 98,5% dalam setahun.

Industri mobil mengalami kemacetan pasokan suku cadang sejak 2021, tetapi situasinya mereda baru-baru ini, sehingga penjualan meningkat. Penjualan global Hyundai mencapai 340.000 mobil di bulan April dan 350.000 mobil di bulan Mei, naik 9% dan 8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebaliknya, pasokan semikonduktor, yang melonjak selama pandemi virus corona pada tahun 2020 dan 2021, kini melampaui permintaan, mengakibatkan inventaris meningkat dan harga menurun. Namun industri semikonduktor diperkirakan akan membaik pada kuartal ketiga.

“Seiring dengan penyusutan persediaan semikonduktor, harga chip secara luas diperkirakan akan pulih. Penjualan serta laba operasi keduanya diharapkan meningkat secara signifikan,” kata Han Dong-hee dari SK Securities dikutip SINDOnews dari laman Chosun, Kamis (29/6/2023).



Laba operasi kuartal ketiga Samsung diproyeksikan mencapai 3,69 triliun won, naik hampir 18 kali lipat dari kuartal kedua. Laba operasi Hyundai dan Kia diperkirakan mencapai puncaknya pada kuartal kedua dan turun sedikit menjadi 2,88 triliun won dan 2,4 triliun won pada kuartal ketiga.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2493 seconds (0.1#10.140)