Jangan Gagal Paham, Ini Bedanya Vespa dan Piaggio

Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:39 WIB
loading...
Jangan Gagal Paham, Ini Bedanya Vespa dan Piaggio
Banyak yang belum memahami perbedaan antara Vespa dan Piaggio. Foto: dok PT Piaggio Indonesia
A A A
JAKARTA - Vespa merupakan merek motor yang sangat legendaris di dunia. Begitu juga Piaggio yang kini menjelma jadi grup otomotif besar kebanggaan Italia.

Italia merupakan rumah dari merek-merek otomotif kelas dunia. Nama-nama besar otomotif datang dari negeri pizza itu. Roda empat memiliki nama-nama besar seperti Ferrari, Lamborghini, Pagani, Maserati, Fiat, Alfa Romeo dan sebagainya.

Di roda dua nama-nama seperti Vespa, Moto Guzzi, Aprilia, Ducati, Cagiva, Gilera, hingga MV Agusta benar-benar sangat mendunia.
Dari nama-nama itu industri otomotif di Italia juga dipetakan oleh beberapa grup besar. Nah, untuk roda dua ada satu grup otomotif besar bernama Piaggio.

Di Indonesia, nama Piaggio selalu salah diartikan. Banyak orang yang mengira Piaggio adalah Vespa dan juga sebaliknya, Vespa adalah Piaggio.

Hal itu sebenarnya tidak terlalu salah. Hanya saja Piaggio adalah grup otomotif yang menaungi merek-merek otomotif roda dua di Italia seperti Aprilia, Moto Guzzi, Vespa, Piaggio, dan Scarabeo.

Nah menariknya di antara merek-merek tersebut irisan justru terjadi antara Piaggio dan Vespa. Pasalnya kedua merek tersebut sama-sama fokus dalam memasarkan jenis motor skutik.

Hanya saja dalam segi desain terdapat perbedaan yang jelas antara Piaggio dan Vespa. Piaggio merupakan merek skutik yang berupaya terus mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman.

Sebaliknya Vespa justru tetap setia pada pakem desain yang telah lama dibuat oleh insinyur-insinyur Vespa generasi pertama Renzo Spolti dan Vittorio Casini. Dari dulu hingga kini desain skutik Vespa akan terasa sama.

Jangan Gagal Paham, Ini Bedanya Vespa dan Piaggio

Di Indonesia Vespa dan Piaggio dijual di diler yang sama yang dinaungi PT Piaggio Indonesia. Foto: dok Piaggio Indonesia

Hal itu terlihat dari skutik-skutik Piaggio yang beraneka ragam menyesuaikan kebutuhan. Contohnya di Indonesia yang ada tiga model Piaggio yakni Medley, MP3, dan Liberty.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)