Inilah 5 Karoseri dan PO Pelopor Sleeper Bus di Indonesia

Senin, 17 Juli 2023 - 20:09 WIB
loading...
Inilah 5 Karoseri dan PO Pelopor Sleeper Bus di Indonesia
5 Karoseri dan PO Pelopor Sleeper Bus di Indonesia. FOTO/ CC
A A A
JAKARTA - Ada banyak sekali karoseri dan perusahaan otobus (PO) yang beroperasi di Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan ada yang menjadi pelopor sleeper bus yang menawarkan fasilitas nyaman bak hotel berbintang.



Untuk diketahui, sleper bus sendiri memungkinkan penumpang untuk tidur di dalam bus dengan posisi rebahan. Tidak berhenti di situ, sleeper bus juga membuat penumpang serasa menjadi sultan dengan fitur yang disajikan.

Nah berikut ini adalah 6 karoseri dan PO pelopor bus sleeper di Indonesia beserta harga tiketnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Senin (17/7/2023).

1. Laksana

Di urutan pertama ada karoseri Laksana. Karoseri asal Semarang, Jawab Tengah ini menjadi salah satu pelopor bus sleeper di Indonesia dengan salah satu produk kebanggaannya adalah Legacy SR 3 - Suites Class.

Bus mewah satu ini merupakan bus sleeper 22 seat dengan konfigurasi kursi 2-1. Sebagai bus mewah, Legacy SR 3 - Suites Class turut menghadirkan sederer fitur unggulan mulai dari monitor 12 inci di setiap kursi, toilet, hingga air panas.

2. Adiputro

Adiputro menjadi salah satu karoseri yang terus menghasilkan inovasi. Salah satu produknya adalah bus sleeper yang dilengkapi dengan fasilitas mewah, bisa dikatakan fasilitas yang diberikan merupakan kelas sultan.

Adapun sasisnya menggunakan Mercedes Benz OH 1626 Sleeper dengan 22 sleeper seat yang disusun bertingkat dengan sekat yang memisahkan setiap penumpangnya. Setiap seat dilengkapi fitur pijat di bagian sandaran.

3. Tentrem

Karoseri lain yang merupakan pelopor bus sleeper adalah karoseri asal Malang, Jawa Timur, Tentrem. Salah satu produk sleeper bus karoseri ini yang terkenal adalah bus Avante D2 dengan sasis Scania K40 IB.

Bus ini menawarkan fasilitas kursi yang bisa direbahkan secara otomatis. Tidak hanya itu, penumpang juga diberi fasilitas berupa layar audio visual pribadi atau audio video on demand (AVOD), selimut, bantal, lampu baca, AC, serta toilet.

4. Morodadi Prima

Karoseri Morodari Prima tentunya sudah tidak asing lagi di telinga terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia perbusan. Ya, karoseri yang satu ini sangat terkenal sebagai karoseri tertua di Malang, Jawa Tengah.

Morodadi Prima saat ini sedang membangun bus sleeper untuk PO Juragan 99 milik Ghilang Widhia Permana. Hal ini bisa dilihat dari unggahat Gilang beberapa waktu lalu di media sosialnya. Sayang belum banyak informasi yang didapat terkait bus sleeper tersebut.

5. Pandawa 87

Bagi yang bekum tahu, Pandawa 87 adalah PO bus yang didirikan di Kota Pasuruan pada 17 April 2014 oleh H Gunawan Agung Aprilianto, putra asal Bugul Kidul, Pasuruan. PO bus satu ini memiliki layanan bus sleeper buatan Adiputro, Dream Coach.

Bus Dream Coach sendiri memiliki tipe bodi Jetbus3+ Middle High Deck (MHD). Ini merupakan bus sleeper dengan 22 kabin ditambah satu toilet yang mana toiletnya sudah dilengkapi dengan septictank.

Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap, mulai dsri TV, USB, lampu baca, ac, air purifier, hingga kursi pijit. Jika menggunakan bus satu ini para penumpang djamin akan betah selama perjalanan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4143 seconds (0.1#10.140)