Tips Jaga Baterai Motor Listrik Awet, Lakukan 4 Langkah Ini!

Selasa, 18 Juli 2023 - 08:59 WIB
loading...
Tips Jaga Baterai Motor Listrik Awet, Lakukan 4 Langkah Ini!
Tips menjaga baterai motor listrik agar awet menarik untuk dipahami. Foto: Alva
A A A
JAKARTA - Seiring banyaknya penjualan motor listrik di Indonesia, menjaga baterai agar tetap awet tentu jadi hal penting. Nah, bagaimana caranya?

Baterai sangat penting bagi motor listrik. Sebab, berfungsi sebagai jantung mekanis di kendaraan listrik. Hanya saja, saat ini masih banyak orang terlalu menganggap enteng soal perawatan baterai.

Padahal, jika rusak maka harga baterai tentu saja tidak murah. Memang, saat ini pabrikan mobil listrik dan motor listrik memberikan garansi baterai yang cukup menarik (panjang).

Meski demikian, bukan berarti hal itu bikin pemilik kendaraan listrik melupakan perawatan baterai.

Produsen motor listrik Alva memberikan tips menarik agar baterai motor listrik bisa tetap terawat dengan baik. Khususnya motor listrik andalan mereka, Alva Cervo.

Alva Cervo dilengkapi baterai Lithium NCM, dengan berat 12,3 kg dan kapasitas 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh).

Baterai tersebut memiliki durasi pengisian daya dengan fitur fast charging, memungkinkan pengguna mengisi daya kedua baterai hanya dalam waktu 4 jam.


Lalu, bagaimana cara merawat baterai motor listrik yang tepat?

1. Segera mengisi baterai ketika kapasitas sudah mencapai 20%.

2. Apabila motor tidak dipakai dalam waktu yang lama, putuskan aliran listrik dengan cara menyimpan motor di tempat yang aman lalu buka penutup baterai atau keluarkan baterai dari dock-nya.

3. Pastikan baterai terhindar dari paparan air dan debu saat penutup dibuka atau saat baterai dikeluarkan dari tempatnya.

4. Saat disimpan, pastikan kapasitas baterai pada kisaran 40% - 60% (tidak di bawah 40%). Suhu tempat penyimpanan baterai dari -20 0C sampai dengan 25 0C, dengan kelembaban<60%RH.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2757 seconds (0.1#10.140)