Nissan dan Renault Siap Umumkan Perjanjian Baru

Rabu, 19 Juli 2023 - 13:41 WIB
loading...
Nissan dan Renault Siap Umumkan Perjanjian Baru
Nissan dan Renault . FOTO/ TV
A A A
TOKYO - Nissan dan Renault dilaporkan membuat pengumuman terkait restrukturisasi aliansi antara kedua merek tersebut.



Menurut sumber yang dikutip dari Reuters, Rabu (19/7/2023), Nissan sedang menentukan persentase kepemilikan unit kendaraan listrik Renault, Ampere, di mana pabrikan menargetkan kepemilikan saham kurang dari 10 persen, bukan maksimal 15 persen seperti yang diumumkan Februari lalu.

Di bawah kerangka sebelumnya, Nissan akan mengambil hingga 15 persen saham di Ampere, sementara Renault ingin mengurangi 43 persen saham mereka di Nissan.

Namun, kesepakatan yang seharusnya diselesaikan pada bulan Maret tidak tercapai ketika beberapa direktur Nissan dan eksekutif senior menantang ketentuan rinci perjanjian, manfaat dan perlindungan kekayaan intelektual pabrikan Jepang tersebut.

Menurut tiga sumber yang dekat dengan masalah tersebut, Nissan dan Renault diperkirakan akan memberikan pengumuman terkait hal tersebut dalam beberapa hari mendatang.


Nissan dalam sebuah pernyataan menjelaskan, "Nissan dan Renault sedang dalam diskusi yang konstruktif dan berkelanjutan. Kami akan membuat pernyataan saat kesepakatan selesai.

Sementara itu, Renault menolak memberikan penjelasan apapun.

Sementara itu, dewan direksi Nissan sedang menyelidiki tuduhan bahwa kepala eksekutifnya, Makoto Uchida, telah memata-matai mantan wakilnya Aswani Gupta karena sikapnya terhadap perjanjian baru yang dibuat Nissan dengan Renault.

Menurut sumber, ada dugaan sejumlah pihak memasang kamera di luar rumah Gupta untuk memantau gerak-geriknya.

Gupta yang sempat dipandang sebagai calon CEO Nissan, mengundurkan diri pada akhir Juni lalu, dan tempatnya tidak akan digantikan oleh siapapun di bawah restrukturisasi perusahaan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2286 seconds (0.1#10.140)