Mengganggu Kesehatan, Eropa Siap Melarang Mobil Berlapis Krom

Minggu, 23 Juli 2023 - 21:45 WIB
loading...
Mengganggu Kesehatan, Eropa Siap Melarang Mobil Berlapis Krom
Uni Eropa kini ingin memberlakukan larangan pelapisan krom menempel di bodi mobil . FOTO/ CARSCOOPS
A A A
BERLIN - Uni Eropa kini ingin memberlakukan larangan pelapisan krom menempel di bodi mobil dengan alasan kesehatan masyarakat pada 2024.



Seperti dilansir dari Autocar, hal itu menyusul limbah beracun yang dihasilkan dari proses pelapisan krom komponen kendaraan dan berbagai barang lainnya.

Mungkin bukan masalah besar bagi kami tapi akan berdampak pada industri otomotif. Lihatlah mobil Anda yang mengkilat, banyak di antaranya yang memiliki komponen chrome finish.

Ini belum menjadi kendaraan mewah yang mengilap. Ada krom metalik yang mahal dan ada krom cap ayam dari komponen aftermarket yang dibeli dari toko aksesori.

Kromium heksavalen, yang juga dikenal sebagai karsinogen umum, dikaitkan dengan penyakit kanker paru-paru. Itu juga 500 kali lebih beracun daripada asap diesel.

Bahkan sejauh ini belum ada cara untuk melakukan proses pelapisan krom dengan aman tanpa melepaskan bahan kimia berbahaya.

Tidak hanya dunia otomotif, proses krom ini juga banyak digunakan di industri lain termasuk industri perkapalan dan penerbangan.

Ini sebenarnya adalah proses dengan hasil yang menarik dan praktis. Permukaan krom mudah dibersihkan dan terlihat cantik dan jika dilarang, tentu harus dicari alternatif lain.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2827 seconds (0.1#10.140)