Inilah 3 Mobil Listrik yang Paling Nggak Laku di Indonesia

Selasa, 25 Juli 2023 - 07:59 WIB
loading...
Inilah 3 Mobil Listrik yang Paling Nggak Laku di Indonesia
Genesis G80 Electrified memang pernah jadi pusat perhatian masyarakat Indonesia karena jadi mobil para pemimpin dunia yang mengikuti KTT G20 di Bali pada 2022 silam. Foto: HMI
A A A
JAKARTA - Minat konsumen terhadap mobil listrik di Indonesia terbilang cukup tinggi. Karena itu, pabrikan pun menyediakan berbagai model. Sayangnya, ada beberapa varian mobil listrik yang penjualannya sangat kecil.

Alasannya beragam, karena memang unitnya terbatas. Atau, harganya yang terlalu tinggi. Berdasarkan data penjualan wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo) , penjualan mobil listrik di semester pertama 2023 mencapai lebih dari 5.000 unit.

Beberapa mobil listrik mendominasi penjualan seperti Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev. Hyundai Ioniq 5 tercatat terjual wholesale sebanyak 3.543 unit. Wuling Air ev di posisi kedua dengan penjualan sebanyak 1.654 unit.

Hanya saja, dominasi penjualan Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev tidak diikuti oleh mobil-mobil listrik lainnya. Sebab, mobil-mobil listrik lain justru terseok-seok dan rata-rata hanya bisa mencatat penjualan dua digit saja.

Nah, berikut adalah mobil listrik yang penjualannya paling minim:

1. Lexus RZ 450e, Terjual 7 Unit

Inilah 3 Mobil Listrik yang Paling Nggak Laku di Indonesia

Di sepanjang semester pertama tahun ini Lexus hanya berhasil menjual sebanyak tujuh unit mobil listrik, Lexus RZ 450e. Hanya saja hal itu bisa dimaafkan karena Lexus baru meluncurkan Lexus RZ 450e pada 20 Juni 2023. Harga mobil listrik cukup mahal yakni Rp2,287 miliar. Alhasil, segmen yang diincar sangat kecil. Jadi ada banyak alasan yang masuk akal mengapa Lexus RZ 450e penjualannya hanya mencapai tujuh unit.

2. MG ZS EV, Terjual 3 Unit
Inilah 3 Mobil Listrik yang Paling Nggak Laku di Indonesia

MG Motor Indonesia sudah memperkenalkan mobil listrik MG ZS EV pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Hanya saja memang penjualan mobil listrik dari MG itu hanya diberikan kepada konsumen khusus. Hal itu dilakukan sebagai penjajakan kegunaan dan adaptasi mobil listrik. Jadi wajar jika hingga kini hanya tiga unit MG ZS EV yang telah terjual secara wholesale.

3. Genesis G80 Electrified, Terjual 1 Unit
Inilah 3 Mobil Listrik yang Paling Nggak Laku di Indonesia

Genesis G80 Electrified merupakan mobil sedan listrik yang istimewa. Mobil itu pernah jadi mobil para tokoh dan pemimpin dunia saat mengikuti KTT G20 di Bali pada 2022 lalu. Uniknya secara wholesale cuma ada satu unit Genesis G80 Electrified yang terjual. Bisa jadi mobil tersebut cuma jadi pajangan didealerHyundai.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)