Berlaga di Ajang AXCR Thailand, Pembalap Indonesia Ubah SUV Mewah Jadi Mobil Balap Rp1,6 Miliar

Rabu, 26 Juli 2023 - 08:57 WIB
loading...
Berlaga di Ajang AXCR Thailand, Pembalap Indonesia Ubah SUV Mewah Jadi Mobil Balap Rp1,6 Miliar
Pembalap Indonesia Julian Johan nekat mengubah mobil SUV mewah jadi mobil balap senilai Rp1,6 miliar untuk tampil di ajang Asia Cross Country Rally 2023 (AXCR) di Thailand. Foto/MPI-Wahyu Sibarani
A A A
JAKARTA - Pembalap Indonesia Julian Johan nekat mengubah mobil SUV mewah jadi mobil balap senilai Rp1,6 miliar untuk tampil di ajang Asia Cross Country Rally 2023 (AXCR) di Thailand. Ajang AXCR yang digelar Agustus 2023 nanti merupakan balap reli yang sangat prestisius di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan balap reli itu bahkan disebut sebagai Reli Dakar-nya Asia Tenggara karena jarak yang harus ditempuh para peserta mencapai ribuan kilometer. Julian Johan menggunakan mobil SUV mewah Lexus LX 570 generasi kedua yang dirilis pertama kali pada 2016 dan dibanderol Rp3,015 miliar.

Mobil tersebut dipilih oleh Julian Johan karena reputasinya di medan balap offroad yang sangat baik, termasuk di ajang balap offroad ternama dunia, Reli Dakar. "Saya membelinya second waktu itu di Rp600 juta,” ucap Julian Johan, Rabu (26/7/2023).



Dari situlah dia kemudian berupaya memodifikasi Lexus LX 570 tersebut untuk bertarung di ajang balap AXCR 2023. Modifikasi yang dilakukan selain untuk mendongkrak kemampuan mobil tapi juga untuk memenuhi standar regulasi yang ditetapkan oleh panitia lomba.

"Total biaya modifikasi yang dihabiskan mencapai Rp1 miliar," terang pria kelahiran 1 Agustus 1986 itu. Berbagai perubahan yang dilakukan memang terlihat kasat mata karena bagian eksterior tidak mengalami banyak perubahan radikal.

Namun dari segi material baru terasa bedanya karena bodi mobil sudah menggunakan serat karbon dan polycarbonate. Hal itu dilakukan untuk memangkas bobot lebih dari 150 kilogram dari berat aslinya.

Sementara untuk interior, beberapa komponen seperti jok belakang, panel door trim, serta beberapa aksesoris lainnya telah dieliminasi dan digantikan dengan adanya roll bar yang membentang dari depan ke belakang, 2 ban serep serta penambahan perangkat navigasi khusus rally.



Jok depan pun telah mengalami pergantian menggunakan model racing dengan standar FIA untuk memberikan kenyamanan serta keselamatan driver dan co-driver selama kompetisi berlangsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6036 seconds (0.1#10.140)