Kapal Kargo Bermuatan 3.000 Mobil Terbakar, Kendaraan Listrik Penyebabnya?

Kamis, 27 Juli 2023 - 21:06 WIB
loading...
Kapal Kargo Bermuatan 3.000 Mobil Terbakar, Kendaraan Listrik Penyebabnya?
Kapal pengangkut mobil Fremantle Highway berbendera Panama setinggi 198 meter terbakar di lepas pantai Denmark. Foto/Jalopnik/2News
A A A
COPENHAGEN - Kapal pengangkut mobil Fremantle Highway berbendera Panama setinggi 198 meter terbakar di lepas pantai Denmark. Akibat kejadian tersebut, satu awak kapal tewas, sedangkan roster kapal yang berjumlah 23 orang lainnya berhasil diselamatkan.

Fremantle Highway sedang berlayar dari pelabuhan Jerman Bremerhaven ke Singapura ketika terbakar sekitar 27 kilometer utara pulau Belanda Ameland. Kapal Freemantle highway membawa 2.857 kendaraan, termasuk 25 unit mobil listrik yang diduga menjadi penyebab kebakaran.

“Kapal itu membawa mobil, sebanyak 2.857 unit dan di antaranya adalah mobil listrik, yang membuat api semakin sulit. Tidak mudah mengendalikan api semacam itu dan bahkan di kapal seperti itu pun tidak mudah,” kata juru bicara penjaga pantai Lea Versteeg melalui telepon dikutip SINDOnews dari laman wjtv, Kamis (27/7/2023).



Sebagian besar awak kapal mengalami cedera, karena melompat ke laut untuk menghindari api yang menyebar dengan cepat. Penyebab pasti sumber api belum diketahui, laporan awal oleh Reuters menyatakan bahwa kobaran api dimulai "dekat" sebuah mobil listrik.

Namun, laporan Electrek yang mengutip petugas penjaga pantai Belanda, mengindikasikan penyebab pasti sumber api saat ini sulit ditentukan, apalagi kapal masih terbakar. Seorang juru bicara Departemen Perairan dan Pekerjaan Umum Belanda mengatakan kepada Reuters bahwa api tidak dapat dikendalikan dengan cara apa pun, meskipun air sudah disemprotkan ke sisi kapal agar tetap stabil.
Kapal Kargo Bermuatan 3.000 Mobil Terbakar, Kendaraan Listrik Penyebabnya?


Kapal tunda sudah dapat mengamankan kabel ke kapal untuk mencegahnya hanyut ke jalur pelayaran penting. Wilayah perairan lokasi kapal terbakar, kepulauan Frisian, dianggap sensitif secara ekologis. Jika kapal tenggelam di daerah ini, itu bisa menghancurkan satwa liar setempat.

Pakar penyelamatan masih memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk menstabilkan kapal. Sebab, kapal penuh dengan mobil yang berisi bahan yang mudah terbakar sehingga bisa menyebabkan kobaran api berhari-hari.



Beberapa kebakaran pada kapal besar pengangkut mobil terjadi baru-baru ini. Baru bulan ini, dua petugas pemadam kebakaran New Jersey tewas setelah sebuah kapal yang membawa 1.200 kendaraan baru dan bekas, ketika terbakar di Port Newark.

Ada juga kapal Felicity Ace yang terkenal terbakar lebih dari setahun yang lalu. Tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut, namun hampir 4.000 mobil baru dan bekas, termasuk Lamborghini Aventador terakhir, hilang saat tenggelam.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6516 seconds (0.1#10.140)