Robot Taksi Waymo Beroperasi di Austin, Texas

Kamis, 03 Agustus 2023 - 23:46 WIB
loading...
Robot Taksi Waymo Beroperasi di Austin, Texas
Robot Taksi (Robotaxis) milik perusahaan kendaraan otonom Waymo Alfabet secara resmi beroperasi di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Foto/Waymo
A A A
TEXAS - Robot Taksi (Robotaxis) milik perusahaan kendaraan otonom Waymo Alfabet secara resmi beroperasi di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Austin adalah kota besar keempat yang mengizinkan program percontohan ride-hailing Waymo, setelah Metro Phoenix, San Francisco, dan Los Angeles.

Layanan ride-hailing otonom Waymo akan tersedia siang dan malam di area seperti pusat kota Austin, Barton Hills, East Austin, Hyde Park, Riverside, dan lainnya. Perusahaan mengutip laporan ekonomi Austin yang berkembang pesat sebagai pengaruh dalam keputusannya untuk memperluas layanannya ke kota, serta populasinya yang padat, dengan hampir 2,5 juta orang di wilayah metro.

Fase awal operasi program akan dimulai pada musim gugur, tetapi Waymo akan menunggu untuk menawarkan tumpangan kepada publik hingga beberapa bulan kemudian dengan penerapan yang sepenuhnya otonom. Perusahaan telah melakukan tes awal di Austin setidaknya sejak Maret tahun ini.



“Kami pasti akan mengikuti buku pedoman masuk pasar yang serupa seperti yang kami lakukan di masa lalu dan saat ini sedang dilakukan di LA,” kata Chris Bonelli, komunikasi produk manajer di Waymo, kepada CNBC, Kamis (3/8/2023).

Bonelli menolak untuk memberikan informasi berapa jumlah kendaraan khusus untuk armada Austin yang direncanakan Waymo. Dalam beberapa tahun terakhir, Waymo dan para pesaing di bidang self-driving telah melakukan perjuangan berat untuk menyajikan layanan ini di tengah masalah keamanan konsumen, birokrasi di kota-kota, dan kebutuhan akan lebih banyak pengemudi keselamatan manusia.
Robot Taksi Waymo Beroperasi di Austin, Texas


Hampir tiga tahun setelah rilis Waymo One, layanan tanpa pengemudi sepenuhnya, Waymo tetap menjadi salah satu dari hanya dua layanan serupa dengan operasi komersial di AS. Waymo telah mengumpulkan setidaknya USD5,5 miliar dalam pendanaan sejak Alphabet mendirikan Waymo sebagai entitasnya sendiri pada tahun 2016.

Waymo mengalokasikan putaran terbarunya, yang berjumlah USD2,5 miliar dari investor termasuk Alphabet dan Andreessen Horowitz pada tahun 2021, untuk memajukan teknologinya dan memperluas timnya. Perubahan tidak dijamin berhasil.



Meskipun lebih dekat untuk menawarkan tumpangan berbayar di berbagai pasar, Waymo masih menghadapi tentangan dari pejabat yang peduli dengan masalah keselamatan. Mobil tanpa pengemudi telah memblokir lalu lintas, mengganggu kendaraan responden pertama dan sebaliknya menyebabkan masalah, dan ada seruan bagi regulator untuk membatasi di mana dan kapan robotaxis dapat beroperasi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)