Sejarah Peugeot, Produsen Otomotif Ternama Dunia yang Berusia Lebih dari 2 Abad

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 12:11 WIB
loading...
Sejarah Peugeot, Produsen Otomotif Ternama Dunia yang Berusia Lebih dari 2 Abad
Peugeot merupakan salah satu produsen otomotif ternama di dunia yang telah berusia lebih dari 2 abad lamanya. Foto/Peugeot
A A A
JAKARTA - Sejarah Peugeot menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Produsen otomotif ternama di dunia ini telah berusia lebih dari 2 abad lamanya.

Peugeot mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Meski demikian, jenama asal Prancis ini sangat terkenal di pasaran Eropa. Bahkan, mereka tak kalah dari merek kenamaan seperti BMW hingga Mercedes-Benz.

Melihat ke belakang, Peugeot memiliki sejarah panjang yang berhasil mengantarkannya menuju kesuksesan. Sebagai salah satu produsen otomotif tertua di dunia, Peugeot masih mampu bertahan sampai sekarang.

Sejarah Peugeot

Peugeot memulai perjalanannya sejak tahun 1810. Mengutip laman resminya, Peugeot bermula dari Jean-Pierre II dan Jean-Frederic Peugeot. Keduanya diketahui sebagai anak dari Jean-Pierre Peugeot.

Tak langsung memproduksi kendaraan, bisnis pertama mereka adalah industri pengecoran baja. Spesialisasinya adalah membuat alat perkakas seperti gergaji dan produk baja lainnya.



Ikon dari Peugeot, yakni logo singa muncul pertama kali sekitar tahun 1850. Saat itu, mereka menyematkan pada produk gergaji hasil produksinya.

Produk Kendaraan Pertama Peugeot

Pada 1889, perusahaan memamerkan kendaraan Peugeot pertama di Paris. Berbentuk kendaraan roda tiga, produk ini merupakan hasil kolaborasi dengan spesialis uap Leon Serpollet.

Produksi mobil roda 3 bertenaga uap itu ternyata cukup sukses. Hal ini membuat Armand Peugeot melanjutkan inovasinya dengan merancang produk lain dan berhasil menciptakan mobil dengan mesin bensin bernama Type 2.


Sistem Penomoran 3 Digit

Sekitar tahun 1929, Peugeot melakukan produksi massal pertamanya, yakni 201. Kendaraan ini menjadi produk pertama yang menggunakan sistem penomoran tiga digit. Hal ini bertujuan untuk menandai peralihan Peugeot dari bisnis skala kecil menjadi produsen massal.

Pada perkembangannya, penjualan Peugeot sukses besar. Setelah itu, perusahaan merilis produk lain seperti 301 di tahun 1932, serta 401 dan 601 pada 1934. Menariknya, tradisi penomoran ini masih berlanjut bagi kendaraan-kendaraan lain yang dikeluarkan Peugeot.



Seiring waktu, Peugeot semakin berkembang. Pada kurun 1980-an hingga 1990-an, mereka mengeluarkan sederet mobil ternama seperti 309 GTI, 106 reli, 306 reli, hingga 205 GTI.

Perkembangan Peugeot

Seiring kemajuan zaman, konsistensi Peugeot sebagai produsen otomotif terus berlanjut. Mereka juga turut mengikuti perkembangan teknologi seperti pembaruan mesin bensin, diesel, hybrid, hingga full elektrik.

Terlepas dari statusnya sebagai bagian sejarah otomotif global selama lebih dari 200 tahun, Peugeot tetap memiliki pasar dan penggemarnya sendiri. Sampai saat ini, sejumlah produk mereka bahkan masih banyak digunakan dan diminati.

Itulah ulasan mengenai sejarah keberadaan Peugeot, produsen otomotif kenamaan dunia yang telah berusia lebih dari 2 abad lamanya.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)