10 Tips Merawat AC Mobil, Agar Selalu Dingin Menggigil

Senin, 07 Agustus 2023 - 21:24 WIB
loading...
10 Tips Merawat AC Mobil, Agar Selalu Dingin Menggigil
Tips merawat AC mobil agar selalu dingin dan nyaman menarik dipahami. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Melakukan perawatan yang tepat di AC mobil memiliki dampak luar biasa. Selain membantu mempertahankan kinerja, meningkatkan efisiensi bahan bakar, juga memberikan kenyamanan saat berkendara, terutama dalam cuaca panas.

Nah, berikut adalah beberapa tips merawat AC mobil yang perlu diperhatikan:

1. Atur Suhu dengan Benar

Sebelum menyalakan AC, ada baiknya sedikit membuka jendela mobil terlebih dulu. Fungsinya, agar suhu panas di dalam kabin keluar. Lalu, sirkulasi udara pun jadi lebih baik. Setelah itu, setel suhu AC di kisaran 22-24 derajat celcius.

2. Hindari Merokok di dalam Mobil

Selain asap rokok memberikan aroma tidak sedap, juga dapat mencemari sirkulasi udara di dalam mobil. Apalagi, asap rokok juga berpotensi mengendap di dalam komponen AC mobil.

3. Jangan Terlalu Sering Membuka Jendela

Jika tidak diperlukan, hindari membuka jendela terlalu sering. Sebab, suhu panas dari luar akan masuk ke dalam mobil. Lalu, mobil harus bekerja keras untuk mendinginkan kembali kabin.

4. Matikan AC Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Ini penting: biasakan untuk mematikan AC sebelum mematikan mesin mobil. Mematikan mobil dalam kondisi AC menyala membuat beban kompresor AC bekerja lebih keras untuk menyejukkan kabin mobil yang sudah terlanjur panas.

5. Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin AC mobil secara berkala. Ini termasuk memeriksa tekanan freon, membersihkan filter debu dan kotoran, serta memastikan semua komponen AC berfungsi dengan baik.

6. Periksa Kondisi Kompresor

Pastikan kondisi kompresor AC dalam keadaan baik. Kompresor yang rusak atau bocor dapat menyebabkan AC tidak dingin.

7. Jaga Suhu Optimal
10 Tips Merawat AC Mobil, Agar Selalu Dingin Menggigil

Gunakan AC pada suhu yang nyaman. Jangan menyetel suhu terlalu rendah, karena itu dapat menyebabkan beban berlebih pada sistem dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

8. Gunakan AC Secara Teratur

Meskipun mungkin menarik untuk menghemat bahan bakar dengan tidak menggunakan AC sepanjang waktu, namun sebaiknya AC dihidupkan secara teratur, setidaknya beberapa menit setiap minggu. Ini membantu menjaga fleksibilitas dan mencegah kerusakan pada komponen.

9. Parkir di Tempat yang Teduh

Usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh, terutama pada hari-hari panas. Ini membantu mengurangi suhu di dalam kabin dan memungkinkan AC untuk bekerja lebih efisien saat dihidupkan.


10. Hindari Penggunaan AC Berlebihan pada RPM Tinggi

Jika mungkin, hindari menggunakan AC pada RPM mesin yang sangat tinggi atau saat melakukan pengereman tiba-tiba, karena beban berat pada kompresor dapat menyebabkankerusakan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2263 seconds (0.1#10.140)