Rangka eSAF Diduga Keropos dan Berkarat, Begini Jawaban AHM

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 18:12 WIB
loading...
Rangka eSAF Diduga Keropos dan Berkarat, Begini Jawaban AHM
Suasana booth AHM di ajang GIIAS 2023, yang memamerkan berbagai skutik terbaru mereka. Foto: AHM
A A A
JAKARTA - Rangka eSAF milik Honda belakangan viral di media sosial. Terutama, setelah unggahan video di media sosial yang menunjukkan bagian tengah atau dek motor skutik Honda BeAT patah.

Diduga, patahnya akibat rangka yang berkarat hingga keropos, sehingga tak dapat menahan beban motor. Hal ini lah yang membuat unggahan video tersebut viral dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Mengenal Rangka eSAF
Rangka eSAF Diduga Keropos dan Berkarat, Begini Jawaban AHM

eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) merupakan rangka yang terbilang baru untuk motor-motor skuter matik (skutik) Honda. Pertama dipakai di motor Honda Genio pada 2019.

Proses pembuatan rangka eSAF dilakukan di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Klaimnya, sudah memakai teknologi baru. Rangka eSAF dibuat dengan lembaran pelat baja yang kemudian di-press dan dilas menggunakan alat las laser yang diklaim dapat meminimalisir deformasi. Berbeda dengan rangka motor lainnya yang menggunakan pipa.

Penggunaan teknologi rangka baru eSAF diklaim membuat motor semakin ringan, lincah, dan nyaman untuk dikendarai. Hal ini juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar serta performa yang dihasilkan.

Rangka eSAF Bikin Bagasi Lebih Luas, Motor Terasa Ringan

Rangka eSAF diklaim dapat memberi manfaat pada ruang lebih besar pada bagasi, karena bodi yang semakin efisien. Untuk Honda Genio, kapasitas bagasinya mencapai 4 liter, dan kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 4,2 liter.

Nah, saat ini ada empat model motor Honda yang menggunakan rangka eSAF. Mereka adalah :

1. Honda Genio
2. Honda Beat
3. Honda Scoopy
4. Honda Vario 160

GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi menjelaskan, penggunaan teknologi rangka eSAF dapat membuat pengendara lebih aman, nyaman, dan motor terasa ringan. Ini juga dapat memberikan handling yang nyaman.

“Proses produksi sepeda motor Honda selalu mengedepankan kualitas sehingga rangka eSAF yang dihasilkan mampu menyuguhkan stabilitas handling dan kenyamanan yang maksimal bagi pengendara Honda,” kata Dodi dalam keterangan tertulis.

Tanggapan AHM Terkait Rangka eSAF yang Viral

Mengenai serangkaian rangka motor Honda BeAT yang patah, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi Putro mengatakan perlu ada investigasi untuk mengetahui penyebab rangka keropos.

“Kita melihatnya mesti case by case ya. Itu kasusnya dilaporkan saja, nanti kita akan mendalami lebih lanjut. Karena sejauh ini tidak ada keluhan yang berarti mengenai hal itu dari konsumen-konsumen yang lain. Jadi mungkin mesti dilihat setiap kasusnya,” ujar Octa di ICE BSD City, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Menurut Octa, rangka keropos bisa terjadi akibat pemakaian. Misalnya mereka yang tinggal di daerah pantai, sehingga motor kerap terkena air laut. Oleh sebab itu, perlu diperiksa kembali apa penyebab terjadinya rangka keropos.



“Beberapa perlu ada investigasi lebih lanjut, kaitannya sama QC (pengecekan kualitas), kita akan tangani. Jadi tergantung kasusnya. Kalau misalkan mengenai frame patah sementara pas dilihat karena pemakaian, karena dekat pantai atau laut, nah itu banyak kasusnya. Karena itu saya nggak bisa ngomong,”ucapnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)