Intip Tampang Skuter Zook, Kreasi Honda yang Dianggap Aneh di Zamannya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 07:20 WIB
loading...
Intip Tampang Skuter Zook, Kreasi Honda yang Dianggap Aneh di Zamannya
Skuter Zook meluncur di Jepang pada tahun 1989. (Foto: YouTube)
A A A
JAKARTA - Skuter Zook yang diluncurkan pada 1989 di Jepang menjadi salah satu produk Honda yang dianggap paling aneh. Tampak seperti kombinasi antara skateboard dan skuter, Zook ditenagai mesin bensin 49 cc dan dapat melaju lebih dari 48 Km per jam.

Dikutip dari Slash Gear pada Rabu (30/8/2023), spesifikasi ini dianggap rentan lantaran roda Zook cukup mungil, berdiameter 8 inci. Dari segi namanya, Zook juga dianggap lucu lantaran berasal dari frasa Jepang "zuku", yang memiliki arti "kecenderungan untuk terjadi". Zook tersedia dalam enam varian warna di antaranya Fur Grey, May Leaf Green, Jean Blue, dan Funky Brown.

Posisi tangki bahan bakarnya terletak di depan jok dengan kapasitas dua liter bensin dan tangki oli tidak berada di dalam body skuter.



Keunikan lain dari skuter ini adalah bentuk jok yang kecil mirip jok sepeda angin. Hal itu tampak disengaja agar bisa berfungsi ganda sebagai dudukan helm pengendara saat skuter diparkir.

Bicara soal helm, Honda juga menjual aksesoris untuk menemani Zook, antara lain helm yang serasi dengan warna bodi, tas penyimpanan, dan alas lantai berbahan karet.

Juru bicara Zook adalah komedian Jepang George Tokoro, yang pose dan ekspresi wajahnya sangat cocok untuk produk berjiwa muda dan ceria.



Kampanye iklannya termasuk cukup populer, namun entah kenapa, Honda hanya membuat skuter mikro tersebut selama satu tahun dan hanya menjualnya di Jepang. Harganya 89.000 Yen atau sekitar USD600, sekitar Rp9,2 jutaan pada saat itu.

Zook merupakan terobosan yang berani dan minimalis. Namun, sayangnya kurang membuahkan hasil.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)