5 Bus Legendaris Penguasa Jalur Selatan Pulau Jawa

Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:13 WIB
loading...
5 Bus Legendaris Penguasa Jalur Selatan Pulau Jawa
Bus Legendaris Penguasa Jalur Selatan Pulau Jawa. FOTO/ DOK/ MPI
A A A
JAKARTA - Tercatat ada 5 bus penguasa j jalur selatan Pulau Jawa hingga saat ini. Pasalnya, pilihan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di jalur selatan Pulau Jawa saat ini kian sedikit.



Khususnya jalur Jawa Tengah dan Jawa Barat di bagian selatan. Pasalnya, jarak tempuh jalur selatan Jawa cukup panjang. Sedangkan kini telah ada tol Trans Jawa yang membuat efisiensi tempuh yang lebih cepat.

Maka tidak heran jika bus yang melayani jalur lintas selatan Jawa Tengah dan Jawa Barat kini kian menyusut. Kendati demikian, masih ada beberapa perusahaan otobus (PO) yang hingga kini masih eksis di jalur selatan. Berikut ini adalah daftarnya..

5 PO Bus sang Penguasa Selatan Pulau Jawa:

1. PO Efisiensi


PO Efisiensi sampai saat ini masih eksis dan cukup mendominasi jalur selatan Pulau Jawa. Khususnya jalur di wilayah Jawa Tengah.

Perusahaan otobus asal Jawa Tengah ini terkenal dengan livery warna busnya yang cerah mencolok. Selain itu, PO Efisiensi juga terkenal dengan armada busnya yang mewah dan memuaskan.

Sebagai bus jalur selatan, PO Efisiensi di Jawa Tengah melayani trayek yang melintasi beberapa kota di sisi selatan Jawa Tengah seperti Cilacap, Banyumas, Purwokerto, Purbalingga, Kebumen, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Magelang, hingga Semarang.

Selain menjadi bus AKAP jalur selatan, PO Efisiensi juga melayani trayek antar jemput bandara, khususnya bandara Adisucipto dan bandara Yogyakarta di Kulonprogo.

2. PO Budiman


Perusahaan otobus asal Tasikmalaya, PO Budiman menjadi salah satu yang setia melayani trayek selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah hingga saat ini. Didirikan sejak 1992, bus ini juga juga dijuluki sebagai rajanya jalur selatan.

Bus yang identik dengan livery abu-abu ini melayani kota-kota di selatan Jawa hingga sisi utara seperti Purwakarta, Subang, Cimahi, Bandung, Sukabumi, Tasikmalaya, Garut, Banjar, Pangandaran, Sidareja, Cilacap, Wonosobo, Purwokerto, Purbalingga, Yogyakarta, Magelang, Wonogiri, Solo, dan Semarang.

Selain layanan bus reguler, Budiman juga menyediakan jasa layanan shuttle bus (travel). Saat ini, layanan ini tersedia untuk rute Tasikmalaya ke Rancaekek (Bandung), BSD (Serpong), Ciledug (Jakarta), Cirendeu (Jakarta), dan Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta)

PO Budiman mengenakan beraneka macam sasis, mulai dari Hino, Volvo, hingga Mercedes-Benz dan Mitsubishi. Sementara karoserinya kerap didukung oleh Laksana, Adiputro, Tentrem, hingga Merpati Bali.

3. PO Doa Ibu

Berikutnya adalah PO Doa Ibu yang juga berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Sama-sama melayani jalur selatan Jawa, PO Doa Ibu juga tak kalah populer dengan perusahaan otobus Budiman.

Bahkan PO Doa Ibu terbilang setia lantaran sejauh ini hanya melayani trayek selatan seperti Jakarta, Merak, Tangerang, Cikarang, Cikampek, Cianjur, Cileunyi, Tasikmalaya, Garut, Limbangan, Rajapolah, Banjar, Pangandaran, Karang Nunggal, Sidareja, Cilacap, dan Karangpucung.

4. PO Aladdin

Perusahaan otobus berikutnya yang melayani trayek selatan Jawa adalah PO Aladdin. PO ini berasal kota Ciamis dan telah berdiri sejak era 1960-an. PO Aladdin pernah mengalami masa jaya sebagai penguasa jalur selatan Jawa Barat pada masa 1970-an hingga awal 2000-an.

PO Aladdin saat ini sudah tidak lagi melayani rute arah Jakarta. Armada PO Aladdin saat ini hanya fokus melayani rute Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Karang Pucung, Cilacap, Wangon, Majenang, Purwokerto, Rawalo, Tegal, Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

5. PO Sumber Alam

Tak kalah senior, PO Sumber Alam yang sudah ada sejak 1975-an saat ini masih setia melayani trayek selatan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Ini adalah bus yang berasal dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Adapun rute yang dilayani PO Sumber Alam saat ini antara lain adalah Purworejo, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Sumpiuh, Banyumas, Wangon, Ajibarang, Purwokerto, Cilacap, Jakarta, Merak, Cilegon, Serang Tangerang, Prembun, Magelang, Yogyakarta, Temanggung, Wonosobo, Banjarnegara, hingga Semarang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)