Jangan Asal Cuci Mobil dengan Cat Matte, Begini Cara yang Benar!

Rabu, 30 Agustus 2023 - 15:49 WIB
loading...
Jangan Asal Cuci Mobil dengan Cat Matte, Begini Cara yang Benar!
Mobil dengan cat matte perlu perhatian khusus pemiliknya, terutama untuk merawat dan membersihkan. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
YOGYAKARTA - Ternyata pemilik mobil warna matte atau doff harus hati-hati untuk melakukan perawatan di mobil mereka. Apalagi, warna ini belakangan sedang digemari. Sebab, penggunaan warna ini dianggap membuat mobil menjadi lebih elegan dan terlihat gagah.

Namun, mobil dengan cat matte memerlukan perawatan rutin agar tampilannya tetap sedap dipandang. Nah, ada beberapa cara untuk merawat cat doff agar warnanya tidak pudah dan tetap terlihat elegan.

Putra Samiaji, Head of Before Service Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama dari cara pencuciannya yang sedikit berbeda dari mobil dengan cat glossy.

“Ada beberapa do's and don'ts-nya. Memang cat ini sangat spesial. Jika mencuci secara manual, gunakanlah tekstil yang lembut seperti mikrofiber atau spons. Namun sebelum memulai pencucian mobil, dibilas dulu kotorannya dengan air. Jangan langsung dilap, karena itu akan menimbulkan goresan,” kata Putra di Yogyakarta, Selasa (29/8).

Seperti diketahui, HMID mengeluarkan produk dengan menggunakan cat matte, seperti Hyundai Ioniq 5, Hyundai Ioniq 6, dan Hyundai Stargazer X. Varian warna doff juga menjadi yang paling banyak dipilih oleh konsumen.

Jangan Asal Cuci Mobil dengan Cat Matte, Begini Cara yang Benar!

Putra menjelaskan ketika mencuci mobil, gunakan pad pencuci atau spons, jangan memakai material kasar. Selain itu, gunakan juga sabun khusus untuk mencuci mobil, dan pastikan sabun tidak mengandung tingkat keasaman tinggi.

“Jangan gunakan sabun cuci piring, karena itu juga akan berdampak kepada kualitas cat tersebut. Juga tidak disarankan menggunakan wax saat mencuci mobil. Sebab, wax bisa membuat lapisan cat mengkilap,” ujarnya.

“Jika ada semacam gemuk atau kontaminasi minyak, atau kotoran burung yang jatuh ke kendaraan, segera dibersihkan. Jangan ditunggu, apalagi sampai menginap semalam, karena itu akan menimbulkan cacat kilapnya, jadi kilapnya akan tergerus,” sambung Putra.



Untuk mencuci mobil dengan warna cat matte, Putra mengatakan jangan menggunakan metode uap. Sebab, itu bisa membuat lapisan cat dapat kusam karena bagian yang berminyak pada permukaan cat mudah menempel di lapisan cat karena terjadi pemanasan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3224 seconds (0.1#10.140)