Penjualan Jeep Wrangler Tembus 5 Juta Unit Sejak 1986

Kamis, 31 Agustus 2023 - 08:31 WIB
loading...
Penjualan Jeep Wrangler Tembus 5 Juta Unit Sejak 1986
Jeep Wrangler mencatat sejarah berhasil menjual sebanyak lima juta unit di seluruh dunia. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Jeep Wrangler mencatat sejarah berhasil menjual sebanyak lima juta unit di seluruh dunia. Jeep Wrangler pertama kali diluncurkan pada 1986 sebagai suksesor dari Jeep CJ Series yang legendaris.

Dikutip dari laman Autoevolution, Kamis (31/8/2023), unit ke-5 juta telah dibeli oleh seorang konsumen di Amerika Serikat . Konsumen itu bahkan mendapatkan banyak hadiah karena membeli unit yang sangat spesial itu, seperti garansi seumur hidup dan cashback senilai USD5.000 atau sekitar Rp75,7 juta untuk pembelian Jeep Performance Parts.

Head of Jeep, Jim Morrison mengatakan, sebanyak 80% dari total populasi Jeep Wrangler yang ada di seluruh dunia sejak 1986 masih berada di jalan. Itu artinya Jeep Wrangler memiliki durabilitas dan ketangguhan yang sangat tinggi.



“Mesin yang dimiliki Jeep terus mengalami transformasi namun tetap memiliki karakter mesin yang mudah ditangani,” ucapnya.

Diketahui mesin Jeep Wrangler pertama yang dibuat pada 1986 adalah mesin yang dibuat oleh AMC. Saat itu ada dua pilihan mesin yakni enam silinder sejajar 4,2 liter dan enam silinder sejajar 4,0 liter.
Penjualan Jeep Wrangler Tembus 5 Juta Unit Sejak 1986


Kini Jeep Wrangler menggendong mesin yang lebih bertenaga yakni Pentastar V6 3,6 liter. Mesin itu jadi mesin utama untuk berbagai varian Jeep Wrangler yang ada saat ini mulai dari Sport, Unlimited, hingga Rubicon.

Untuk segi desain Jeep Wrangler juga terus mengalami perubahan sejak pertama kali dikenalkan di 1986. Generasi pertama Jeep Wrangler dikenal dengan kode nama YJ.



Selanjutnya ada Jeep Wrangler TJ sebagai generasi kedua diluncurkan pada Januari 1996 untuk model tahun 1997. Generasi ini juga memperkenalkan spesifikasi wheelbase panjang dengan nama yang Jeep Wrangler Unlimited.

Perubahan besar terjadi ketika masuk generasi ketiga dengan kode JK. Generasi ini juga mendefinisikan ulang apa yang dimaksud dengan Unlimited dengan menambahkan dua pintu tambahan sehingga totalnya menjadi empat.

Tidak mengherankan siapa pun, Unlimited terjual dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan model bodi dua pintu. JK juga ditawarkan dengan turbo diesel rancangan VM Motori. Sayangnya, EcoDiesel V6 dari JL akan dihentikan produksinya setelah tahun 2023.

Generasi terbaru Jeep Wrangler makin fenomenal berkat desain yang lebih kuat. Jeep Wrangler dengan kode JL itu hingga saat ini juga telah dipasarkan di Indonesia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)