Vanish, Truk Listrik Mungil Buatan AS Bertenaga Besar

Sabtu, 02 September 2023 - 17:27 WIB
loading...
Vanish, Truk Listrik Mungil Buatan AS Bertenaga Besar
Vanish dibuat oleh perusahaan AYRO yang berbasis di Texas. (Foto: @mobilehms)
A A A
JAKARTA - Kelincahan bermanuver kian menjadi pilihan saat memilih kendaraan bermotor. Kini, ada pilihan truk mungil bertenaga luar biasa buatan Amerika Serikat.

Truk mungil namun bertenaga baru ini membuktikan bahwa ukuran lebih besar tidak selalu lebih baik. Vanish, dibuat oleh perusahaan AYRO yang berbasis di Texas ini ditawarkan ke pasar mulai dengan harga Rp516 juta.

Produsen bakal menjaring konsumen dengan tur ke seluruh negara bagian AS untuk membuktikan fungsionalitas dan efisiensinya. Tampilan AYRO Vanish paling mirip dengan versi truk kei Jepang, sejenis kendaraan kecil yang populer di seluruh Asia dan semakin populer di Amerika Serikat.

Meskipun truk pikap buatan Amerika saat ini menganut pepatah “lebih besar lebih baik”, meningkatnya popularitas truk Kei menunjukkan bahwa hal tersebut tidak selalu terjadi secara global. Vanish memiliki kapasitas angkut 600 kilogram, hampir identik dengan Ford F-150 baru dengan bak yang lebih panjang.



Pihak AYRO menjamin biaya pengoperasiannya 50 persen lebih rendah dibandingkan truk pikap bertenaga gas. Truk pun dapat dikonfigurasi menjadi bak datar, bak pikap, atau kotak makanan.

Kendaraan ini hanya mampu melakukan perjalanan hingga 25 mil per jam, jadi tidak mungkin menggunakannya untuk pengangkutan jarak jauh. Namun seharusnya lebih dari mampu untuk melakukan pekerjaan perkotaan dan utilitas ringan lainnya.

Para komentator di laman Electrek sangat terkesan dengan truk kecil itu. “Truk pikap menjadi terlalu besar. Ini perubahan yang bagus,” tulis salah satu komentator.

“Monster-monster besar itu menggunakan terlalu banyak bahan bakar dan sulit untuk bermanuver dan parkir. Truk-truk dari tahun 1990an memiliki ukuran yang jauh lebih baik dibandingkan truk-truk yang ditawarkan oleh GM, Ford, dan RAM saat ini.”



“Jika tempat tidur dapat membawa muatan yang sama (jika tidak lebih), semoga ini akan membuat beberapa orang memikirkan kembali skenario pikap berukuran besar,” tulis yang lain.

“Bertahun-tahun yang lalu saya mengendarai pikap diesel Isuzu yang bentuknya tidak jauh berbeda dengan ini dan mampu menangani muatan dengan cukup baik. Melayani tujuannya tanpa ada yang perlu dikeluhkan.”

“Wow, truk yang benar-benar masuk akal!” tulis warganet lainnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0379 seconds (0.1#10.140)