5 Ciri-ciri Oli Gardan Motor Matik Habis, Nomor Terakhir Dampaknya Serius

Minggu, 03 September 2023 - 20:52 WIB
loading...
5 Ciri-ciri Oli Gardan Motor Matik Habis, Nomor Terakhir Dampaknya Serius
Oli gardan atau oli transmisi matik yang disering disebut pelumas tambahan dibutuhkan kendaraan berkopling kering untuk melumasi khusus bagian transmisi matik. Foto/federaloil
A A A
JAKARTA - Motor matik membutuhkan oli mesin dan oli gardan yang harus secara rutin diganti dalam jangka waktu atau tempuh tertentu. Pada motor matik penggantian oli gardan lebih lama dibandingkan oli mesin, namun jika sampai habis bisa menimbulkan masalah.

Oli gardan atau oli transmisi matik yang disering disebut pelumas tambahan dibutuhkan kendaraan berkopling kering untuk melumasi khusus bagian transmisi matik. Motor matik yang mengalami oli gardan habis bisa membuat kinerja transmisi kendaraan seperti gear dan bearing tidak optimal.

Waktu yang ideal untuk ganti oli gardan motor matik biasanya setelah menempuh jarak 8.000 km atau jika sudah 8 bulan. Oli gardan motor matik bisa bertahan lebih lama karena hanya melumasi roda gigi motor saja.



Kondisi ini kerap membuat pemilik motor matik lupa atau telat menggantinya. Setidaknya ada 4 ciri-ciri ketika oli gardan sudah saatnya diganti atau habis dirangkum SINDOnews dari laman suzuki.co.id dan federaloil.co.id, Minggu (3/9/2023).

1. Performa Motor Semakin Menurun

Ciri oli gardan motor matik habis akan terasa pada performa kendaraan yang semakin menurun. Biasanya, akselerasi yang berjalan lambat atau kecepatan maksimum yang semakin terbatas.

2. Muncul Suara Bising

Ciri oli gardan motor matik habis adalah terdengar suara bising yang cukup mengganggu dari box CVT yang terletak di gardan atau roda belakang motor matik. Suara bising yang muncul mulai dari berdecit atau berderit, sampai terdengar suara “kletek-kletek” saat motor dikendarai.

3. Motor Bergetar

Ketika oli gardan habis, tiba-tiba motor terasa bergetar di bagian bodi dan stang motor. Motor matik ketika dikendarai juga mengeluarkan suara kasar, terutama saat dipacu dengan kecepatan tinggi.



4. Suhu Gardan Meningkat

Ciri lain yang menandakan oli gardan motor matik habis adalah ketika motor mengalami overheating. Gardan yang tidak mendapat pelumasan dengan baik, menyebabkan gesekan antara komponen pada gardan sehingga meningkatkan suhu sampai overheating.

5. Bearing Gardan Goyang

Membiarkan oli gardan motor matik habis bisa memicu kerusakan pada beberapa bearing yang ada di dalam gardan. Salah satunya mengakibatkan bearing gardan pada box CVT yang goyang atau rusak bisa ditandai dengan munculnya suara yang kasar. Segera bawa kendaraan matik Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti oli gardan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)