Perbedaan Bus Pariwisata, Bus Ekonomi, Bus Eksekutif, Bus Patas dan Bus Sleeper

Sabtu, 09 September 2023 - 11:13 WIB
loading...
Perbedaan Bus Pariwisata, Bus Ekonomi, Bus Eksekutif, Bus Patas dan Bus Sleeper
Perbedaan jenis-jenis bus penting dipahami. Tampak bus pariwisata yang disewakan untuk umum. FOto: Sewa Bus Pariwisata
A A A
JAKARTA - Perbedaan bus pariwisata , ekonomi, eksekutif, patas, dan sleeper menarik untuk dicermati. Sama halnya dengan transportasi lain, bus juga punya kelas dan jenisnya tersendiri.

Kelas dan jenis bus ini dibedakan sesuai dengan fasilitas dan fungsi yang disediakan. Semakin banyak layanan yang tersedia dalam bus maka akan semakin tinggi kelasnya, dan juga membuatnya semakin mahal.

Seiring berjalannya waktu, layanan transportasi bus juga semakin ditingkatkan demi kenyamanan penumpang dan bersaing dengan PO Bus maupun bisnis transportasi lain. Untuk memahami perbedaan setiap jenis bus, berikut ini perbedaan bus sesuai dengan jenis dan kelasnya.

Perbedaan Bus Pariwisata, Ekonomi, Eksekutif, Patas dan Sleeper

1. Bus Pariwisata
Perbedaan Bus Pariwisata, Bus Ekonomi, Bus Eksekutif, Bus Patas dan Bus Sleeper

Sesuai namanya, bus ini jadi salah satu moda transportasi yang difungsikan untuk perjalanan pariwisata. Membuatnya berbeda dengan bus yang biasa digunakan sebagai transportasi umum.

Untuk menggunakan layanan bus ini, umumnya para penumpang akan melakukan pemesanan terlebih dahulu. Perjalanan bus ini juga hanya ditujukan pada kelompok pariwisata tertentu saja.

Karena itulah membuat bus ini memiliki kelas dan pasarnya tersendiri. Sama seperti bus konvensional, bus pariwisata juga dibedakan kelasnya menjadi ekonomi, eksekutif, dan VIP.

2. Bus Ekonomi

Bus Ekonomi disini adalah bus yang menyediakan layanan transportasi umum di kelas ekonomi. Dulunya bus ekonomi hanya tersedia tanpa AC, namun kini sudah mulai banyak bus ekonomi yang menggunakan AC. Konfigurasi tempat duduk bus jenis ini kebanyakan menggunakan 3-2 sehingga membuatnya punya penumpang lebih banyak.

Hal menonjol yang membedakan kelas ekonomi dengan kelas lainnya adalah harganya yang paling murah. Tiket bus ekonomi biasanya hanya berkisar Rp25.000- Rp200.000 tergantung dari jarak dan fasilitas yang diberikan.

3. Bus Eksekutif

Bus Eksekutif kelasnya berada di atas bus ekonomi karena lengkapnya fasilitas yang diberikan. Para penumpang bus ini akan mendapatkan fasilitas tambahan selimut dan bantal, selain AC.
Konfigurasi tempat duduk bus ini kebanyakan 2-2 sehingga penumpang lebih sedikit. Tiket bus eksekutif biasanya dibanderol dengan harga Rp100.000 sampai Rp350.000 tergantung jarak. dan fasilitas.

4. Bus Patas
Perbedaan Bus Pariwisata, Bus Ekonomi, Bus Eksekutif, Bus Patas dan Bus Sleeper

Kelas bus patas ini berada di bawah bus eksekutif dan diatas bus ekonomi. Umumnya bus ini memiliki fasilitas yang lebih sedikit dari bus eksekutif meskipun punya konfigurasi 2-2.

Patas sendiri merupakan akronim cepat dan terbatas, membuatnya lebih cepat dan punya penumpang yang terbatas dari bus ekonomi. Tiket bus patas harganya berkisar Rp50.000 - Rp300.000 tergantung fasilitas dan jarak.


5. Bus Sleeper
Perbedaan Bus Pariwisata, Bus Ekonomi, Bus Eksekutif, Bus Patas dan Bus Sleeper

Bus sleeper menjadi jenis terbaru dalam usaha PO Bus di Indonesia. Bisa dibilang jenis ini adalah bus kasta teratas karena fasilitasnya yang berlimpah. Salah satu hal yang menonjol dari bus ini adalah kursi khusus yang bisa digunakan untuk tidur.

Selain itu bus ini juga dilengkapi dengan AC, makanan, selimut, bantal, dan bahkan ada smoking area serta memiliki pramugari. Karena itulah membuat sleeper bus punya harga yang lebih mahal dari bus lainnya.

Sleeper bus memiliki konfigurasi kursi 1-1 dengan posisinya dibuat bertingkat. Tiket bus sleeper harganya berkisar Rp350.000 sampai Rp750.000 tergantung jarak dan fasilitas.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)