Berlaga di Ajang Dunia, Intip Spek Mobil Balap Karya Mahasiswa UI

Sabtu, 09 September 2023 - 19:39 WIB
loading...
Berlaga di Ajang Dunia, Intip Spek Mobil Balap Karya Mahasiswa UI
Mobil Formula UIRT01 karya mahasiswa Universitas Indonesia. (Foto: Humas UI)
A A A
JAKARTA - Mobil Formula UIRT01 karya mahasiswa Universitas Indonesia berpartisipasi dalam ajang kompetisi desain mobil formula tingkat internasional, Formula Student Czech Republic 2023.

Dalam kompetisi yang diselenggarakan Society of Automotive Engineer (SAE) International di Republik Ceko pada 7-12 Agustus 2023 itu, mobil formula UIRT01 meraih sejumlah penghargaan.

Yaitu 7th place in Business Plan, 10th place in Cost and Manufacturing, 14th place in Engineering Design, dan 13th Overall.
"Prestasi membanggakan UI Racing Team membuktikan bahwa mahasiswa FTUI mampu bersaing dan menjadi pembalap, engineer, serta pelaku industri olahraga balap yang membanggakan bagi Indonesia," ujar Dekan FTUI Heri Hermansyah dalam keterangannya, Sabtu (9/9/2023).

"Kompetisi ini juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan beragam keterampilan, karena di sini, bukan hanya dunia teknik yang diuji, tetapi juga pemahaman tentang aspek bisnis."



Ajang Formula Student Czech Republic 2023 berlangsung di sirkuit internasional Autodrom Most. Formula Student Czech Republic 2023 menantang peserta untuk mendesain mobil formula tingkat internasional, menguji kemampuan dalam perancangan, pengembangan, dan manufaktur mobil formula.

Tak hanya itu, kompetisi ini juga melibatkan aspek-aspek bisnis seperti penelitian, desain, manufaktur, pengujian, pengembangan, pemasaran, manajemen, dan pengumpulan dana.

Queena, salah satu anggota tim, menjelaskan, Mobil Formula UIRT01 mengusung konsep mobil balap open wheel, dengan konstruksi sasis tubular yang ringan.

"Sistem suspensi dan steering yang sesuai dengan tuntutan lintasan, bodi aerodinamis, serta engine Kawasaki ER6N 650 cc yang kami tuning untuk kinerja maksimal," tuturnya.

Menariknya, meskipun mobil balap ini dirancang hanya dalam waktu dua tahun, namun berhasil bersaing dengan mobil-mobil yang telah ada sejak lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)