Spesifikasi Mobil Antipeluru Jokowi di KTT G20 India, Audi A8 L Security

Senin, 11 September 2023 - 09:38 WIB
loading...
Spesifikasi Mobil Antipeluru Jokowi di KTT G20 India, Audi A8 L Security
Audi A8 L Security diklaim dapat menahan peluru AK-47, granat, dan ranjau. (Foto: Times of India)
A A A
JAKARTA - Para kepala negara menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India, termasuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam gelaran ini, pemerintah India telah mempersiapkan kendaraan khusus untuk memfasilitasi para tamu penting yakni Mercedes-Benz, BMW, dan Audi.

Presiden Jokowi terlihat menaiki mobil Audi setibanya di Air Force Station (AFS) Oalam, New Delhi, India.

Melansir Times of India, Senin (11/9/2023), sedan mewah Audi A8 L Security diklaim dapat menahan peluru AK-47, granat, dan ranjau.

Audi A8 L Security juga memiliki sertifikasi perlindungan balistrik VR9 dan bobot substansial 3.875 kilogram. Dilengkapi juga dengan sistem pemadam kebakaran dengan nozel di kompartemen mesin, tangki bahan bakar, bagian bawah bodi mobil, serta velg.


Disitat dari berbagai sumber, model terbaru Audi A8 L Security diluncurkan di Rusia pada 2022 lalu. Mobil ini memang diciptakan untuk kendaraan operasional kepala negara , sehingga tak mengherankan dibekali fitur keamanan tingkat tinggi.

Produsen juga membekali mobil ini dengan sistem udara segar darurat, agar penumpang VIP bisa bernapas dengan nyaman saat terjadi insiden tak terduga. Jika terjebak di dalam kabin, Audi memasang sistem piroteknik yang dapat memisahkan engsel pintu.

Sama seperti mobil dengan tingkat keamanan tinggi lainnya, Audi A8 L Security juga dibekali dengan ban run flat tyre dengan velg ukuran 20 inci. Ini memungkinkan mobil tetap berjalan dalam keadaan ban kempis hingga 80 km dalam kecepatan 80 km/jam.



Untuk menghindari ledakan, tangki bahan bakar juga memiliki sistem segel otomatis apabila terjadi penembakan. Dilengkapi juga dengan pelindung khusus untuk baterai dan elektronik interkom agar komunikasi dari dalam mobil tetap terjaga.

Dibekali mesin V8 twin-turbo 4.0 liter, Audi A8 L Security dapat melaju dengan kecepatan tertinggi hingga 210 km/jam. Meski bobotnya mencapai 3,9 ton, tapi untuk akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 6,3 detik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2706 seconds (0.1#10.140)