Siap Jadi Mobil Pengawal Presiden Jokowi, Mercedes Buat G-Class Versi Militer

Senin, 04 Oktober 2021 - 19:00 WIB
loading...
Siap Jadi Mobil Pengawal Presiden Jokowi, Mercedes Buat G-Class Versi Militer
Mercedes-Benz G-Class Military Spec menyasar keperluan khusus yakni militer. Foto/Carbuzz.
A A A
JAKARTA - Mercedes-Benz akhirnya kembali ke asal dengan membuat mobil SUV legendaris Mercedes-Benz G-Class untuk keperluan militer. Sejatinya Mercedes-Benz G-Class memang pertama kali dibuat untuk keperluan militer.

Hanya saja seiring waktu, seperti mobil-mobil SUV lainnya, Mercedes-Benz G-Class berubah menjadi simbol gaya hidup dan kemewahan. Namun hal itu tidak membuat Mercedes-Benz terlena.

Baru-baru ini disebutkan Carbuzz, Mercedes-Ben merilis tipe baru Mercedes-Benz G-Class yang kembali ke selera asal yakni untuk keperluan militer yakni Mercedes-Benz W461 Military Spec.

Dari segi tampilan tidak ada perubahan besar dari Mercedes-Benz G-Class dengan tampilan militer tersebut. Mercedes-Benz hanya memberikan beberapa perlengkapan khusus di bagian eksterior seperti snorkle, bumper dan grille yang lebih kokoh.



Siap Jadi Mobil Pengawal Presiden Jokowi, Mercedes Buat G-Class Versi Militer


Mercedes-Benz mengatakan perubahan besar justru terjadi di bagian teknis yakni mesin. Mobil untuk keperluan militer itu diklaim memiliki kemampuan offroad yang lebih baik dibandingkan Mercedes-Benz G-Class yang ada saat ini.

Untuk keperluan militer, Mercedes-Benz melakukan modifikasi khusus pada sektor mesin turbo diesel V6 dengan kapasitas silinder 3,0 liter. Sentuhan modifikasi itu membuat tenaga mobil terdongkrak menjadi 245 daya kuda dan torsi maksimal 600 Nm. Seluruh tenaga tersebut disalurkan ke sistem penggerak empat roda khas Mercedes-Benz.



Siap Jadi Mobil Pengawal Presiden Jokowi, Mercedes Buat G-Class Versi Militer


Menariknya meski tenaga membesar, Mercedes-Benz justru mengklaim tingkat efisiensi bahan bakar mobil tersebut justru meningkat. Begitu juga dengan kemampuan angkutnya yang diklaim lebih baik Mercedes-Benz G-Class biasa.

Saat ini Mercedes-Benz masih menawarkan mobil tersebut untuk berbagai pihak militer di dunia. Tentu saja ini akan jadi pilihan menarik bagi Indonesia mengingat mobil yang sama juga digunakan untuk mengawal iring-iringan mobil kenegeraan Presiden Jokowi.

Perlu diketahui mobil Mercedes-Benz G-Class yang digunakan Presiden Jokowi adalah varian umum yakni Mercedes-Benz G-300 CDI Professional. Speknya tentu lebih rendah dibandingkan versi militer atau Military Spec.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)