Masuk Pasar Indonesia, Toyota Vios Baru Raih Lima Bintang Uji Tabrak

Selasa, 12 September 2023 - 05:48 WIB
loading...
Masuk Pasar Indonesia, Toyota Vios Baru Raih Lima Bintang Uji Tabrak
Toyota Vios. FOTO/ TAM
A A A
JAKARTA - Toyota Vios generasi keempat baru-baru ini meraih hasil impresif dalam uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP). Dalam uji tabrak itu Toyota Vios berhasil nilai tertinggi yakni lima bintang.


Dikutip Paultan, Selasa (12/9/2023) ini, Toyota Vios yang diuji merupakan produksi dan dijual di Malaysia. Hanya saja hasil penilaian itu tetap berlaku bagi Toyota Vios lain yang dibuat di Thailand yang dipasarkan di Brunei, Indonesia, Laos, dan Kamboja.

Dalam uji tabrak itu diketahui Toyota Vios berhasil memperoleh skor 35,25 dari sisi Adult Occupant Protection (AOP) atau Perldindungan Penumpang Dewasa. Di sisi Child Occupant Protection (COP) atau Perlindungan Penumpang Anak, Toyota Vios memperoleh nilai 16,64 dari total 20 poin yang tersedia dalam kategori tersebut.

Lebih lanjut ketersediaan pengereman darurat otonom atau Autonomous Emergency Brake (AEB) serta sistem bantuan keselamatan canggih lainnya membuat Toyota Vios 2023 mendapatkan 16,08 poin dari kemungkinan 20 poin. Fitur lain yakni Motorcyclist Safety (MS) untuk perlindungan pengendara motor juga mencetak 10,73 poin untuk pengendara sepeda motor.

Penyesuaian bobot poin membuat total skor Toyota Vios 2023 menjadi 78,70 poin sehingga layak mendapat peringkat bintang lima ASEAN NCAP.

“ASEAN NCAP senang karena Toyota berkomitmen untuk menjamin keselamatan penumpang kendaraan dan pengguna jalan lainnya dengan melengkapi sedan tersebut dengan berbagai teknologi bantuan keselamatan untuk melindungi mereka dari kejadian tak terduga saat berkendara di jalan raya,” demikian pernyataan ASEAN NCAP.

Diketahui saat ini di Indonesia Toyota Vios dijual dalam dua varian yakni G TSS CVT Type dan G CVT Type. Varian tertingi G TSS CVT Type yang dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) dijual di Rp376,4 juta. Varian lainnya, G CVT Type dijual di Rp363,2 juta.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)