Selamat Tinggal Bus Tingkat Ikonik Mumbai, Digantikan Kendaraan Listrik

Kamis, 14 September 2023 - 11:24 WIB
loading...
Selamat Tinggal Bus Tingkat Ikonik Mumbai, Digantikan Kendaraan Listrik
Bus tingkat warna merah yang sering muncul dalam film atau video klip lagu Bollywood. (Foto: Times of India)
A A A
JAKARTA - Para penggemar Bollywood tentu tak asing dengan bus tingkat warna merah yang sering muncul dalam film atau video klip lagu. Bus ikonik itu dalam kesehariannya wara-wiri di jalanan kota Mumbai, India. Namun, riwayatnya kini akan segera berakhir.

Setelah menghiasai jalan-jalan di India selama lebih dari 80 tahun, bus tingkat merah akan segera dipensiunkan. Badan Pasokan dan Transportasi Listrik Brihanmumbai (BEST) menyatakan bus-bus ini akan dihentikan layanannya dalam waktu kurang dari seminggu.

Dikutip dari Times of India, bus tingkat merah Mumbai, yang dikenal sebagai bus TERBAIK, sudah tidak digunakan lagi karena umurnya telah mencapai 15 tahun. Dulunya berjumlah 900, armada bus BEST menyusut menjadi hanya beberapa unit pada pertengahan tahun 90an.

Juru bicara BEST menyebutkan, saat ini armada masih tersisa tujuh bus tingkat dan tiga bus tingkat terbuka. Bus tingkat akan dihentikan layanannya secara permanen mulai 15 September. Sedangkan bus tingkat terbuka akan dihentikan layanannya pada 5 Oktober.

Bus tingkat berwarna merah yang ikonik ini telah menjadi bagian integral dari budaya Mumbai, ditampilkan dalam lagu-lagu Bollywood dan membantu wisatawan menjelajahi tempat-tempat istimewa di kota.

Namun, penurunan jumlah bus ini dimulai pada tahun 1990an ketika sektor otomotif India mengalami pertumbuhan dan semakin banyak orang mulai menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum penurunan ini, terdapat sekitar 900 bus tingkat yang beroperasi.

BEST menjelaskan bahwa pemeliharaan bus ikonik ini membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, sebagai penghormatan terhadap era bus ikonik ini dan untuk memperkenalkan alternatif, administrasi BEST telah memperkenalkan bus tingkat hitam dan merah yang dioperasikan dengan tenaga listrik. Sejauh ini sudah ada sekitar 25 bus yang diperkenalkan.

Namun, para penumpang Mumbai menyatakan meskipun bus-bus baru ini nyaman, daya tariknya kurang dibandingkan bus-bus lama. Mereka merindukan pengalaman duduk di depan bus bersama pengemudi atau bepergian dengan bus berjendela terbuka sambil merasakan angin sepoi-sepoi menerpa wajah.



Banyak pencinta bus di kota Mumbai yang berkumpul dan membentuk grup bernama Aapli BEST Aaplyasathi. Mereka telah menulis surat kepada Ketua Menteri Eknath Shinde, Kepala BMC Iqbal Singh Chahal, Wakil Ketua Menteri Devendra Fadnavis, dan General Manager BEST, mendesak untuk melestarikan bus-bus ini dengan menampilkan setidaknya dua di antaranya di museum BEST untuk wisatawan dan generasi mendatang.

Rupesh Shelatkar, presiden kelompok komuter, menyesalkan meskipun telah berupaya berulang kali, tidak ada politisi atau birokrat, yang menanggapi permintaan untuk melestarikan bus-bus tersebut.

Siddhesh Mhatre, presiden kerja Aapli BEST Aaplysathi, menyebutkan bahwa trem juga menghilang dari Mumbai. Namun untuk keperluan pajangan, model trem lain dibawa dari Kolkata, diperbaiki, dan dipajang di Boribandar.

Lebih lanjut Mhatre menegaskan, Mumbai merupakan satu-satunya kota di India yang memiliki begitu banyak bus tingkat. Oleh karena itu, sama seperti kota lainnya, penting bagi Mumbai untuk memiliki museum transportasi , yang akan menjadi langkah maju yang signifikan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2694 seconds (0.1#10.140)