Honda Segera Luncurkan Motor Listrik Baru, Diproduksi di India

Senin, 16 September 2024 - 08:41 WIB
loading...
Honda Segera Luncurkan...
Honda SC e: Concept garapan Honda. Foto/Gaadiwaadi
A A A
JAKARTA - Honda akan meluncurkan motor listrik terbaru yang bakal dipasarkan secara global. Skuter matic berbasis baterai yang diberi nama Honda Activa EV itu kabarnya bakal meluncur akhir tahun ini.

Melansir Gaadiwaadi, Senin (16/9/2024) Honda akan melakukan uji produksi pada motor listrik terbarunya beberapa pekan mendatang. Untuk mengantisipasi membeludaknya permintaan, mereka akan meningkatkan produksi dengan memperkenalkan dua jalur baru di Gujarat dan Karnataka, India.

Sebenarnya, Honda cukup tertinggal dalam penjualan motor listrik di India. Oleh sebab itu, mereka akan segera membuka keran pemesanan dan pengiriman unit akan dimulai pada Februari 2025.

Selain itu, Honda memiliki target meningkatkan pertumbuhan penjualan melebihi 15 persen untuk 2024 hingga 2025. Lebih lanjut, pembangunan produksi lini ketiga di pabrik Gujarat diperkirakan akan menghasilkan tambahan volume sekitar 6.600 unit.



Hal ini diperkuat dari para pesaingnya, seperti Hero MotoCorp, Bajaj, dan TVS, yang telah meraup keuntungan dari penjualan motor listrik. Sehingga, ini memancing Honda untuk melakukan hal serupa.

Honda telah lama menggarap Activa listrik, namun hal tersebut mengalami penundaan. Bahkan pada 2020, pabrikan asal Jepang itu sempat menepis pembicaraan mengenai kehadiran motor tersebut.



Terdapat beberapa kendala yang memang diungkapkan Honda, seperti harga baterai, hingga kurangnya infrastruktur pengisian daya yang memadai. Namun, seiring dengan perkembangan yang signifikan selama tiga tahun terakhir, Honda bersiap meluncurkan Activa EV.

Meski spesifikasinya masih disembunyikan, diperkirakan Activa EV akan memiliki baterai yang dapat memberinya jarak tempuh hingga 100 km dalam sekali pengisian daya.

Selain Activa EV, Honda juga sedang berupaya mengembangkan dua model kendaraan roda dua listrik serta baterai yang akan dirakit secara lokal di India. Dikabarkan sistem pertukaran baterai sedang dipertimbangkan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)