Jepang Buka Lowongan Sopir Taksi untuk Warga Asing, Gajinya Lumayan Besar

Kamis, 14 September 2023 - 13:36 WIB
loading...
Jepang Buka Lowongan Sopir Taksi untuk Warga Asing, Gajinya Lumayan Besar
Pemerintah Jepang membuka lowongan kerja sopir taksi bagi warga negara asing. (Foto: Sora News)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jepang membuka lowongan kerja sopir taksi bagi warga negara asing (WNA), dengan gaji cukup besar. Kebijakan ini dibuat lantaran kekurangan sopir.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang telah bekerja sama dengan Badan Layanan Imigrasi untuk mengimplementakan kebijakan ini.

Meski tidak disebutkan berapa nominal gajinya, Jepang menjanjikan bayaran yang cukup besar. Nantinya pengemudi imigran hanya memenuhi persyaratan memperoleh surat izin mengemudi Jepang.



Dihimpun dari Sora News, Kamis (14/9/2023), sopir taksi bukanlah pekerjaan yang menarik bagi anak muda di Jepang. Rata-rata sektor ini diisi oleh pria berusia 50 tahun.

Berdasarkan statistik pada tahun 2021, negara ini hanya memiliki sekitar 220.000 pengemudi taksi, padahal di tahun 2011 lalu tercatat ada 340.000. Penurunan signifikan ini membuat Jepang khawatir.



Pandemi Covid-19 yang melanda dunia beberapa tahun lalu juga telah menyebabkan banyak pengemudi memilih pensiun atau beralih bidang pekerjaan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)