Bisa Dilipat Seukuran Koper, Skuter Listrik Honda Dibanderol Rp15 Juta

Kamis, 14 September 2023 - 23:30 WIB
loading...
Bisa Dilipat Seukuran Koper, Skuter Listrik Honda Dibanderol Rp15 Juta
Honda meluncurkan skuter listrik yang dapat dilipat ke dalam tas jinjing seukuran koper yang diberi nama Motocompacto. Foto/Greencarrepots
A A A
WASHINGTON - Honda meluncurkan skuter listrik yang dapat dilipat ke dalam tas jinjing seukuran koper. Skuter yang diberi nama Motocompacto ini dibanderol dengan harga kurang dari USD1.000 atau Rp15,3 juta.

Motocompacto , yang akan tersedia mulai bulan November, ditenagai oleh motor magnet permanen dan pengaturan penggerak langsung. Output puncaknya adalah 490 watt, atau sekitar dua pertiga tenaga kuda, dengan torsi puncak tercatat sebesar 11,8 lb-ft.

Kecepatan tertinggi adalah 15 mil/jam (24 km/jam) dan baterai 6,8 ampere-jam dapat diisi pada soket AC 110 volt dalam 3,5 jam. Spesifikasi skuter yang paling mengesankan, selain ringkas saat dilipat, adalah jangkauan hingga 12 mil atau 19,3 km.



“Ini (motocompacto) cukup mudah untuk berkeliling di pusat kota yang padat, melintasi kampus, atau di sekitar komunitas pantai, misalnya,” tulis Honda dikutip SINDOnews dari laman greencarreports, Kamis (14/9/2023).

Honda pernah menjual skuter lipat serupa. Motocompacto asli dijual pada tahun 1981-1983, dan Honda telah meninjau kembali ide tersebut dalam bentuk kendaraan serba listrik. Dalam beberapa tahun terakhir, ada skuter listrik lain (yang jauh lebih mahal) yang dapat dilipat seperti koper.
Bisa Dilipat Seukuran Koper, Skuter Listrik Honda Dibanderol Rp15 Juta


Kebangkitan sebagai kendaraan listrik penuh ini dirancang dan dikembangkan oleh para insinyur Honda di Ohio dan California, dan telah mendapatkan 32 paten. Skuter ini dibuat dengan aluminium untuk rangka dan roda untuk menghemat bobot.

Motocompacto memiliki speedometer dan pengukur level baterai, dan apa yang digambarkan sebagai kursi yang nyaman. Ada juga aplikasi telepon yang memungkinkan pengaturan pribadi untuk mode pencahayaan dan berkendara.



Skuter tidak memerlukan tas jinjing terpisah karena bisa diubah menjadi satu dan beratnya hanya 41,3 pon (18,7 kg). Dengan panjang 29,2 inci, tinggi 21,1 inci, dan lebar saat dilipat hanya 3,7 inci, cukup kompak untuk dibawa dalam transportasi umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6500 seconds (0.1#10.140)