BPKB Elektronik Segera Diluncurkan, Permudah Proses Mutasi Kendaraan

Sabtu, 16 September 2023 - 16:49 WIB
loading...
BPKB Elektronik Segera Diluncurkan, Permudah Proses Mutasi Kendaraan
BPKB merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki oleh pemilik kendaraan. (Foto: Dok)
A A A
JAKARTA - Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik bakal diluncurkan tahun depan, untuk mempermudah masyarakat mengurus proses administrasi kendaraan.

Seperti diketahui, saat ini proses administrasi balik nama atau mutasi kendaraan cukup rumit dan lama. Pasalnya, kepolisian harus menyesuaikan data secara manual.

“Kami upayakan nanti (pemberlakuan BPKB elektronik) tahun depan mudah-mudahan,” kata Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/8/2023).

BPKB merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki oleh pemilik kendaraan sebagai tanda kepemilikan kendaraan yang sah. Nantinya, BPKB elektronik akan ditanamkan chip dan memiliki ukuran yang lebih ringkas.

“Ini ada chip di sini, untuk memudahkan bagaimana pengurusan BPKB, tujuannya adalah bagaimana melayani masyarakat dengan cepat, karena sekarang sudah teknologi informasi 4.0,” ujar Brigjen Pol Yusri.



Kehadiran teknologi baru ini dikatakan Yusri akan memudahkan akses kepada pihak berwenang untuk memeriksa data kendaraan. Ini juga merupakan upata kepolisian untuk memberikan pelayanan cepat dan mudah kepada masyarakat, termasuk mutasi kendaraan.

“Saya rencanakan untuk membuat digital arsip, teman-teman tahu, berkas itu di kantor BPKB itu besar sekali dari jaman dulu, masih cari manual satu-satu. Kalau mau mutasi, kalau mau apa, besok sudah pakai digital, sudah pakai teknologi sekarang, cukup pakai faktur dan KTP, masuk database-nya,” ucapnya.



Petugas yang akan melakukan proses balik nama atau mutasi kendaraan, hanya perlu memindai BPKB elektronik. Seluruh data tentang pemilik kendaraan akan muncul di sistem, sehingga prosesnya akan jauh lebih cepat.

“Nanti dengan BPKB begini kita card reader saja sudah ke luar datanya lengkap, kalau mau mutasi nanti ngapain lama-lama lagi, kalau ketentuan sudah dibayar semuanya. Cukup card reader masuk. (misal) Mau ke mana? Bandung,” tuturnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5683 seconds (0.1#10.140)