Produsen Mobil Slovenia Hadirkan Hypercar Listrik Bertenaga Buas

Minggu, 17 September 2023 - 07:43 WIB
loading...
Produsen Mobil Slovenia Hadirkan Hypercar Listrik Bertenaga Buas
Produsen mobil asal Slovenia Tushek menghadirkan hypercar listrik yang diberi nama Aeon bertenaga 2.500 HP. Foto/Carbuzz
A A A
LJUBLJANA - Produsen mobil asal Slovenia Tushek menghadirkan hypercar listrik yang diberi nama Aeon bertenaga 2.500 HP. Tushek juga menyediakan varian lain, yaitu Aeon V8 plug-in hybrid electric (PHEV) bertenaga 1.930 tenaga kuda (HP).

Aeon V8 PHEV menjanjikan tenaga besar dengan tetap mempertahankan bobot 1.480 kg atau seringan Volkswagen Golf modern. Tushek mengklaim versi ini memiliki rasio power-to-weight yang luar biasa yaitu 1,3:1.

Untuk versi EV (kendaraan listrik) menawarkan rasio power-to-weight yang lebih tinggi yaitu 1,7:1. Hal ini dimungkinkan oleh powertrain serba listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 2.500 hp dan bobot di bawah 1.600 kg.



“Meskipun kita hanya melihat preview dari Tushek Aeon, hypercar baru ini sudah cukup mengesankan. Produsen mobil tersebut akan mengungkap spesifikasi lengkapnya sebelum akhir September,” tulis laman carbuzz, dikutip SINDOnews, Minggu (17/9/2023).

Aeon akan bergabung dengan hypercar Tushek TS900 Apex dalam jajaran aktif merek tersebut. Dibatasi hanya dibuat 36 unit, hypercar ini menawarkan tenaga 1,332 hp dan bobot di bawah 2,976 lbs, menjadikannya salah satu hypercar paling ringan di dunia.
Produsen Mobil Slovenia Hadirkan Hypercar Listrik Bertenaga Buas


“Aeon menandai awal baru dalam produksi hypercar, dengan personalisasi sebagai prioritas utama. Setiap kendaraan dirancang secara individual sesuai dengan pemiliknya untuk menciptakan ikatan yang tak tertandingi,” kata Aljosa Tusek, CEO dan pendiri Tushek.

Tusek menambahkan, konsep peluncuran yang dilakukan memungkinkan pelanggan sepenuhnya menyesuaikan interior kendaraan untuk memastikan setiap kendaraan unik. Hal itu membedakan Tushek dengan pembuat hypercar lain di seluruh dunia.



Jalan untuk mendominasi pasar hypercar tidak akan mudah, sebab saingan lain seperti model Lotus Evija dan Rimac Nevera siap memberikan perlawanan. Nama terakhir bahkan memegang rekor produksi EV tercepat di sekitar Nurburgring, mengalahkan Tesla Model S Plaid dengan waktu 20 detik penuh.

Zenvo Aurora adalah salah satu peserta terbaru dalam kategori hypercar, dengan mesin V12 paling bertenaga di dunia. Hypercar ini ditenagai oleh mesin 12-pot quad-turbo 6,6 liter, yang menghasilkan output gabungan sebesar 1.850 hp.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)