Unik, Mobil Anti-peluru Kim Jong-un Dikawal Hyundai Staria Saat di Rusia

Kamis, 21 September 2023 - 14:40 WIB
loading...
Unik, Mobil Anti-peluru Kim Jong-un Dikawal Hyundai Staria Saat di Rusia
Foto Caption : Mobil anti-peluru milik pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un dikawal oleh mobil Hyundai Staria buatan Korea Selatan. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Ada peristiwa unik saat pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un mengadakan kunjungan ke Rusia. Selain kereta hijau yang jadi transportasi utama, kejadian menariknya melibatkan mobil anti-peluru milik Kim Jong-un dan mobil buatan Korea Selatan, Hyundai Staria.



Disebutkan Korea Herald, peristiwa unik itu terjadi dua kali. Pertama saat Kim Jong-un hendak menonton pertunjukan balet "Sleeping Beauty" karya Pyotr Tchaikovsky di Primorsky Teater Mariinsky pada Sabtu (16/9/2023) pekan lalu.

Saat itu Kim Jong-un menggunakan mobil anti-peluru Mercedes-Benz miliknya. Mobil itu justru langsung dikawal oleh empat Hyundai Staria yang sudah dilengkapi dengan rotator.

Kejadian yang sama juga terulang saat Kim Jong-un mengunjungi Far Eastern Federal University di Vladivostok, Rusia, Minggu (17/9/2023) lalu. Empat mobil pengawal Hyundai Staria itu juga setia menemani rombongan Kim Jong-un.

Peristiwa itu sendiri sangat unik. Korea Herald mengatakan biasanya Korea Utara selalu berhati-hati dalam melibatkan berbagai produk buatan Korea Selatan.

Hal itu yang membuat mereka tidak mengerti kenapa kali ini semua orang bisa melihat keempat mobil Hyundai staria itu.

Hal itu berbeda dengan kejadian di masa lalu, seperti siaran pertandingan Piala Dunia Qatar 2022. Saat itu KCTV Korea Utara mengaburkan iklan mobil Hyundai di stadion hingga tidak dapat dikenali.

“Penampilan publik atas merek dagang Korea Selatan dengan cara seperti itu tidak biasa terlihat dalam film dokumenter,” kata seorang pejabat senior di Kementerian Unifikasi yang enggan dikutip namanya kepada Korea Herald.

Namun pejabat tersebut mengatakan bahwa kementeriannya tidak dapat segera mengkonfirmasi niat Korea Utara di balik penyiaran logo Hyundai. Mereka juga tidak bisa memastikan apakah mobil yang juga dijual di Indonesia itu disediakan oleh Rusia atau dibawa dari Korea Utara.

Untuk gambaran Hyundai Staria saat ini dijual dalam dua varian di Indonesia. Hyundai Staria Signature 9 dijual di harga Rp905,5 juta dan Hyundai Staria Signature 7 dijual di angka Rp1,039 miliar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2294 seconds (0.1#10.140)