Begini Cara Merawat AC Mobil Tetap Dingin saat Cuaca Panas

Minggu, 24 September 2023 - 21:21 WIB
loading...
Begini Cara Merawat AC Mobil Tetap Dingin saat Cuaca Panas
Air conditioner (AC) merupakan komponen terpenting pada mobil yang berfungsi membuat udara di dalam kabin menjadi sejuk. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Air conditioner (AC) merupakan komponen terpenting pada mobil yang berfungsi membuat udara di dalam kabin menjadi sejuk. Untuk itu, penting bagi pemilik untuk melakukan perawatan agar AC tetap terasa dingin, meskipun cuaca sedang terik.

AC mobil yang tidak dingin bisa diakibatkan karena adanya kebocoran pada selang atau pipa akibat usia pemakaian dan kerusakan evaporato atau kondensor. Kondisi ini membuat udara yang dihasilkan tidak sejuk dan cenderung panas.

Oleh sebab itu, penting untuk melakukan perawatan dan perbaikan pada AC mobil agar tetap bekerja optimal. Berikut cara yang dapat dilakukan pemilik mobil dalam melakukan perawatan AC seperti dibagikan Wuling, Minggu (24/9/2023).

1. Jaga Kebersihan Kabin

Kabin mobil yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil, karena kotoran dan debu tersebut dapat menempel pada kabin dan jok mobil.



2. Jangan Buka Jendela dan Merokok dalam Mobil

Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan dan jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC. Bukalah kaca agar asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

3. Bersihkan Kondensor AC

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC. Bersihkan juga kondensor saat mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

4. Bersihkan Filter Kabin

Jangan lupa untuk selalu membersihkan filter dan merawat kabin. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala.



5. Servis Berkala

Dengan servis berkala pada AC akan membuat kondisi kabin mobil menjadi lebih sejuk. Pemilik kendaraan juga menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan sehingga tidak sampai terjadi kerusakan yang parah.

6. Pilih Pengharum Ruangan yang Tepat

Tidak semua pengharum ruangan cocok untuk mobil, maka dari itu disarankan untuk membeli pengharum ruangan yang dikhususkan untuk mobil. Jangan sekali-kali menggunakan pengharum ruangan rumah untuk mengharumkan ruangan kabin mobil.

7. Atur RPM mobil

Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah dengan selalu menjaga RPM (revolutions per minute) mobil. Putaran RPM yang kecil juga akan sangat berpengaruh terhadap perfoma AC mobil.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2274 seconds (0.1#10.140)