6 Jenis Sepeda dan Fungsinya yang Paling Populer di Dunia!

Selasa, 26 September 2023 - 14:48 WIB
loading...
6 Jenis Sepeda dan Fungsinya yang Paling Populer di Dunia!
Ada beragam jenis sepeda yang paling laris di pasaran. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Ada banyak jenis-jenis sepeda dan fungsinya yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Sepeda-sepeda tersebut tentunya paling laris di pasaran.

Bersepeda juga jadi hobi yang semakin populer belakangan ini yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan karena banyaknya jenis sepeda yang tersedia. Selain itu, olahraga ini tak hanya bermanfaat untuk kekuatan fisik, namun juga kesehatan mental.

Namun, sebelum membeli sepeda, pastikan dulu tujuan memiliki sepeda dan kegunaannya. Berikut ini referensi jenis-jenis sepeda agar tidak salah beli. Sayang kan, kalau sudah keluar uang banyak tapi ternyata salah beli jenis sepeda.

6 Jenis Sepeda dan Fungsinya

1. Sepeda Lipat (Folding Bike)

Tipe sepeda yang pertama ini bisa dikatakan kekinian dan praktis. Folding Bike juga merupakan sepeda yang cocok digunakan untuk jalan-jalan atau berbagai kegiatan santai yang bisa Anda nikmati di waktu luang.

Sepeda lipat didesain secara simpel dan kelebihannya yang bisa dilipat sehingga mudah dibawa ke mana pun, membuatnya menjadi salah satu pilihan populer terutama di area yang padat penduduk. Tak cuma minim tempat di luar, saat di simpan di rumah pun, Anda bisa menghemat ruang dengan melipatnya.

2. BMX

Siapa sih yang enggak tahu jenis sepeda satu ini? Sepeda BMX kerap digunakan orang yang hobi olahraga ekstrem. Sepeda ini memang dirancang sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan atraksi di rintangan ekstrem dan bermanuver dengan cantik.

Biasanya, pengguna sepeda ini merupakan orang usia remaja yang masih gandrung untuk berkegiatan yang menantang. Gimana, Anda berani mencoba?

3. Sepeda Listrik

Sepeda listrik merupakan sepeda yang belakangan ini semakin diminati oleh berbagai kalangan. Sepeda listrik menyajikan kepraktisan bagi penggunanya, di mana Anda dapat memilih ingin menggerakkannya dengan tenaga sendiri ataupun tenaga listrik.

Sepeda jenis ini cocok untuk bagi pengguna yang tinggal di perkotaan, mengingat bahwa sepeda ini didesain agar cocok dengan jalanan kota yang rata. Sebaliknya, sepeda ini tidak disarankan bagi Anda yang berada di pedesaan dengan jalan yang tidak rata, bergelombang, atau banyak tanjakan.

4. Sepeda Gunung (MTB)

Sepeda gunung memiliki beberapa ciri di antaranya adalah ringan karena rangka terbuat dari campuran baja-alumunium, rangka geometri lebih besar dari BMX, menggunakan peredam guncangan (shock breaker).

Selain itu, jenis ban yang digunakan memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Gear pindahnya juga ada 18-30 yang berguna untuk mengatur kecepatan. Sepeda gunung juga memiliki beberapa varian yang berbeda sesuai dengan medannya, seperti down hill, hard tail, atau soft tail.

5. Sepeda Tandem

Sepeda yang satu ini sih menarik banget. Karena, dalam satu rangka sepeda terdapat dua pasang pedal dan dua kursi utama. Bahkan beberapa sepeda tandem memiliki hingga tiga kursi dan tiga pasang pedal.

Sepeda tandem cocok Anda gunakan untuk menikmati waktu bersama keluarga. Anda juga akan membagi energi dengan partner sehingga tidak berat ketika membawa sepeda tandem. Jadi bisa sehat dan happy bersama deh!

6. Sepeda Fixie

Sepeda Fixie tidak dibekali rem, sehingga pengguna dituntut untuk memiliki keahlian khusus agar dapat menungganginya. Namun bagi beberapa pengguna yang suka dengan desainnya yang klasik, ada yang memodifikasi sendiri agar mempunyai rem.

Sepeda Fixie lumayan sulit untuk ditemui di pasaran, mengingat sepeda jenis ini adalah salah satu sepeda klasik. Namun, sepeda satu ini pernah hype banget di pasaran beberapa tahun lalu lho!

Itulah beberapa jenis sepeda beserta fungsinya. Jika sudah menemukan mana yang cocok untuk Anda, belinya di AladinMall aja! Soalnya, lagi ada Promo Element Bike dengan diskon hingga 52% plus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play Store supaya enggak ketinggalan promo menarik lainnya! Pokoknya, belanja jadi sehemat dan sepraktis itu!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)