Hyundai Staria versi Hybrid Jadi Ancaman untuk Toyota Alphard

Kamis, 28 September 2023 - 07:48 WIB
loading...
Hyundai Staria versi Hybrid Jadi Ancaman untuk Toyota Alphard
Hyundai Staria hybrid sama sekali tidak mengalami perubahan desain eksterior. Foto: Motorgraph
A A A
JAKARTA - Hyundai sepertinya tidak ingin Toyota Alphard melenggang sendirian dengan pilihan mesin hybrid. Sebentar lagi Hyundai Staria juga punya pilihan mesin hybrid.

Hyundai sepertinya tidak ingin Toyota Alphard melenggang sendirian dengan pilihan mesin hybrid. Sebentar lagi Hyundai Staria juga punya pilihan mesin hybrid.

Kehadiran Hyundai Staria dengan mesin hybrid itu terdeteksi oleh situs otomotif Korea, Motograph, Kamis (28/9) ini. Van berukuran besar itu terdeteksi sebagai mobil hybrid melalui stiker informasi mesin yang tertempel di Hyundai Staria. Stiker informasi mesin itu menyebutkan kode HEV yang artinya Hybrid Electric Vehicle.

Pilihan mesin hybrid itu tentu jadi amunisi baru yang menyenangkan buat Hyundai. Soalnya van itu hingga kini masih mengandalkan mesin bensin dan diesel.

Artinya kini Hyundai Staria punya pilihan mesin baru yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Disebutkan Motorgraph kemungkinan besar mesin yang digunakan untuk varian hybrid ini adalah mesin 1,6 turbo hybrid. Mesin tersebut bisa menggelontorkan tenaga sebesar 230 daya kuda berkat kombinasi mesin dan motor listrik.

Hyundai Staria versi Hybrid Jadi Ancaman untuk Toyota Alphard

Tenaga sebear itu justru cukup mumpuni dan bisa menawarkan efisiensi yang lebih baik. Apalagi jika dibandingkan dengan mesin V6 berkapasias 3,5 liter yang sudah lama digendong Hyundai Staria.

"Belum diketahui apakah versi hybrid ini maish dalam pengembangan atau memang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat," tulis Motorgraph.

Meski telah mendapatkan pilihan mesin baru, Hyundai justru tidak melakukan perubahan besar dari segi desain. Mobil tersebut masih terlihat sama seperti Hyundai Staria yang juga dijual di Indonesia.

Hyundai Staria versi Hybrid Jadi Ancaman untuk Toyota Alphard

Makanya tidak heran jika dalam pengujian mobil tersebut Hyundai sama sekali tidak menggunakan kamuflase. Pasalnya hanya orang yang bisa membuka kap mesin saja yang bisa mengetahui perbedaannya.



Kehadiran Hyundai Staria versi hybrid itu tentu makin memanaskan persaingan mobil van berukuran besar. Terutama dengan Toyota Alphard baru yang kini juga sudah dilengkapi dengan pilihan mesin hybrid.

Diketahui di Indonesia Hyundai Staria dijual dalam dua varian yakni Signature 9 di harga Rp905,5 juta dan Signature 7 di harga Rp1,039 miliar. Hanya saja Hyundai Staria di Indonesia hanya tersedia dalam pilihanmesindiesel.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)