6 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian yang Perlu Dipahami

Senin, 02 Oktober 2023 - 19:54 WIB
loading...
6 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian yang Perlu Dipahami
Motor yang tidak ada pengapian bisa disebabkan karena beberapa faktor. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyebab motor tidak ada pengapian. Informasi ini perlu dipahami oleh pengguna kendaraan bermotor supaya tahu persis akan masalah yang tengah dihadapi.

Umumnya para pengendara motor pastinya sudah tidak asing dengan masalah pengapian. Mulai motor yang sulit dinyalakan, tersendat-sendat ketika berjalan, hingga tiba-tiba mati mendadak.

Pada dasarnya, sistem pengapian pada sepeda motor adalah proses penghasilan percikan listrik yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder mesin.

Pengapian motor biasanya dikendalikan oleh sistem pengapian di dalam motor itu sendiri, yang terdiri dari komponen seperti busi, kabel busi, coil pengapian, CDI (Capacitor Discharge Ignition), dan bagian-bagian lain yang ada pada motor. Berikut ini beberapa penyebab motor tidak ada pengapian:

6 Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian

1. Busi Rusak

Salah satu penyebab motor tidak ada pengapian paling umum adalah busi yang rusak atau kotor. Busi adalah komponen yang menghasilkan percikan listrik yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder mesin. Jika busi kotor, aus, atau rusak, pengapian akan terganggu. Periksa dan bersihkan atau ganti busi jika perlu.

2. Kabel Busi Rusak

Kabel busi adalah penghubung antara busi dan sistem pengapian. Jika kabel busi rusak atau terputus, maka arus listrik tidak akan mencapai busi dengan benar. Periksa kabel busi untuk memastikan mereka dalam kondisi baik.

3. Coil Pengapian Rusak

Coil pengapian adalah komponen yang mengubah arus listrik rendah dari baterai menjadi arus tinggi yang diperlukan untuk pengapian. Jika coil pengapian rusak, motor tidak akan memiliki pengapian yang cukup. Ini bisa terjadi karena aus atau kerusakan.

4. Stop Engine yang Rusak

Salah satu komponen yang penting dalam sistem pengapian adalah stop engine atau kill switch. Jika stop engine rusak atau bermasalah, ini bisa mempengaruhi kemampuan motor untuk menyala.

5. Aki Motor Bermasalah

Aki berperan penting dalam sistem pengapian motor karena memberikan daya listrik yang diperlukan untuk memicu pengapian. Sehingga, jika aki bermasalah maka daya yang ditimbulkan tidak akan cukup untuk memicu proses pengapian pada motor.


6. CDI yang Rusak

CDI berfungsi untuk untuk mengontrol waktu pengapian dan menghasilkan percikan listrik yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder mesin. Sehingga bila komponen ini bermasalah, maka dapat menjadi penyebab motor tidak memilikipengapian.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)