Patahkan Stigma, Klub VW Klasik Uji Emisi di Audi Center

Rabu, 04 Oktober 2023 - 20:36 WIB
loading...
Patahkan Stigma, Klub VW Klasik Uji Emisi di Audi Center
VVC melakukan uji emisi di Audi Center MT Haryono, Jakarta. Foto/DOK. VVC
A A A
JAKARTA - Polusi di wilayah Ibu Kota semakin mengkhawatirkan. Polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab utama.

Keberadaan mobil-mobil tua dan klasik bahkan kerap dijadikan kambing hitam sebagai sumber polusi. Pasalnya usia dan teknologi teknis yang dimiliki mobil-mobil tua tersebut dianggap tidak akan mampu memenuhi standar emisi yang ada saat ini.

Dari situlah Volkswagen Van Club (VVC) bersemangat melakukan uji emisi . Mereka berupaya membuktikan bahwa mobil tua dan klasik juga bisa memenuhi standar emisi yang telah ditetapkan.

Kalau pun gagal, anggota VVC justru menjadikan hal itu sebagai upaya untuk memperbaiki mesin mobil mereka. Dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia, Kamis (5/10/2023) ini VVC mengatakan proses uji emisi dilakukan dengan menggandeng bengkel resmi Indomobil Audi Center MT Haryono, Jakarta.



Patahkan Stigma, Klub VW Klasik Uji Emisi di Audi Center


Proses pengujian yang dilakukan pada Sabtu (23/9/2023) itu diikuti 36 unit kendaraan VW klasik jenis Kombi dan Beetle. Dari 36 unit tersebut, tercatat ada 21 VW Kombi yang hadir. Lalu ada tiga unit VW Beetle dan 11 unit
dari merek non-VW.

Hasilnya dari 36 unit yang mengikuti uji emisi, lebih dari setengahnya yakni 20 unit lulus uji emisi, sementara 16 unit lainnya tidak lulus dengan berbagai catatan. Adapun dari 21 VW Kombi yang mengikuti uji emisi, tercatat yang berhasil lulus mencapai delapan Kombi, dan sisanya yakni 13 unit tidak lulus dengan berbagai catatan yakni melakukan perbaikan sebelum mengikuti sesi pengujian berikutnya. Perbaikan yang harus dilakukan, penyetelan ulang mesin agar sesuai standar emisi gas buang.

Kerjasama uji emisi ini sebenarnya lebih ke pembuktian mobil klasik seperti VW Kombi bisa lolos memenuhi kadar emisi gas buang yang ditentukan Pemerintah. Kondisi mesin yang selalu terawat baik diyakini akan bisa menghasilkan emisi sesuai regulasi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)