Kawasaki Ninja Hybrid Bertenaga Setara Motor 1.000cc

Rabu, 11 Oktober 2023 - 07:57 WIB
loading...
Kawasaki Ninja Hybrid Bertenaga Setara Motor 1.000cc
Kawasaki Ninja Hybrid . FOTO/ RIDEAPART
A A A
TOKYO - Kawasaki melncurkan Ninja versy hybrid dengan mesin berkapasitas 451 cc, tapi diklaim mengeluarkan tenaga setara motor 1.000 cc. Meski tenaganya besar, tapi konsumsi BBM-nya setara dengan motor 250 cc.



Seperti diketahui, Kawasaki merupakan salah satu produsen kendaraan roda dua yang fokus mendukung netralitas karbon. Baru-baru ini, mereka telah meluncurkan dua motor sport listrik, Ninza Z e-1 dan e-1.

Kali ini, mereka akan meluncurkan hasil pengembangan terbaru, yakni Kawasaki Ninja 7 Hybrid. Motor sport ini siap diproduksi massal dan bakal dikirimkan ke showroom di Eropa mulai 2024.

Melansir laman Kawasaki Eropa, Ninja 7 Hybrid mengaplikasikan teknologi strong hybrid (HEV) pada unti produksi massal. Mereka mengklaim bahwa motor ini akan mengubah persaingan pasar dengan mengandalkan mesin pembakaran internal (ICE), motor listrik, dan baterai.

Dapur pacunya dibekali mesin parallel twin, 4-stroke, berpendingin cairan, dengan kapasitas 451 cc, DOHC, 8 katup. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 58,3 hp, yang jika dipadukan dengan dengan mode e-boost maka tenaganya melonjak menjadi 68,5 hp.

Dengan kapasitas mesin 451 cc, motor ini sangat spesial karena performanya setara motor di kelas 650 cc hingga 700 cc. Selain itu, motor ini memiliki akselerasi instan setara motor supersport di kelas 1.000 cc.

Motor sport ini menawarkan tiga mode berkendara, yaitu Sport-Hybrid, Eco-Hybrid, dan EV. Masing-masing mode berkendara tersebut menawarkan sensasi yang berbeda tergantung dari situasi.

Kawasaki Ninja 7 Hybrid juga dilengkapi dengan inovasi idling stop yang memungkinkan mesin pembakaran berhenti bekerja. Hal ini dapat menghemat BBM sekaligus mengurangi emisi yang jadi perhatian dunia saat ini.

Jika pengendara mengaktifkan mode EV, maka motor listrik dengan baterai lithium-ion sebesar 48 V, akan menggerakkan motor. Artinya, saat mode EV aktif, maka mesin pembakaran tidak bekerja sama sekali.

Selain itu terdapat fitur Automatic Launch Position Finder (ALPF) yang akan secara otomatis memilih gigi satu dengan mode berjalan maju dan mundur. Gunanya untuk membantu bermanuver dalam kecepatan rendah atau parkir.

Motor ini juga memiliki desain yang sangat menarik, dengan kombinasi warna silver dan hijau khas Kawasaki. Lekukan bodynya juga mencirikan bahwa ini adalah motor yang memiliki performa tinggi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)