Honda Siap Aplikasikan Teknologi E-Clutch di Motor Bermesin Kecil

Minggu, 15 Oktober 2023 - 21:34 WIB
loading...
Honda Siap Aplikasikan Teknologi E-Clutch di Motor Bermesin Kecil
Honda Siap Aplikasikan Teknologi E-Clutch. FOTO/ MCN
A A A
TOKYO - Teknologi assist dan slip pada kopling kini telah dipakai sepeda motor dengan mesin berkapasitas kecil.



Kabar terbaru dari Honda yang memperkenalkan Honda E-Clutch untuk sepeda motor dan disebut-sebut sebagai sistem kendali kopling otomatis pertama di dunia untuk transmisi sepeda motor manual multi-gear.

Sistem ini memperlancar start-up dan tidak mengharuskan pengendara menarik tuas kopling saat mengganti gigi atau berhenti. Pengoperasiannya dilakukan dengan menggunakan teknologi kontrol elektronik.

Seperti dilansir dari Rideapart, meski begitu, pengendara tetap bisa menggunakan cara biasa dengan menarik tuas kopling dan memberikan kesempatan menikmati teknik pergantian gigi yang sudah berusia puluhan tahun.

Honda belum membagikan informasi detailnya dan satu hal yang menarik adalah sistem ringan dan kompak tersebut dapat dipasang pada mesin yang ada tanpa perubahan besar.

Honda identik dengan teknologi gir misalnya transmisi kopling ganda (DCT) yang digunakan pada X-ADV, NC750X, Gold Wing dan masih banyak lagi.

Honda E-Clutch berbeda karena tidak melibatkan transmisi keseluruhan dan dibuat khusus untuk transmisi manual.

Salah satu keunggulan Honda E-Clutch adalah pengendaraan menjadi lebih mulus dan aman karena pengendara dapat fokus pada jalan atau urusan berkendara lainnya.

Honda E-Clutch akan digunakan pada sepeda gaya hidup dan Honda belum mencantumkan model spesifiknya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5281 seconds (0.1#10.140)