Cruise Origin, Robotaksi Terbaru di Jepang

Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:19 WIB
loading...
Cruise Origin, Robotaksi Terbaru di Jepang
General Motors, anak perusahaan mobil otonom Cruise, dan Honda bakal meluncurkan layanan robotaksi di Jepang. (Foto: Techcrunch)
A A A
JAKARTA - Layanan robotaksi makin diminati di Jepang. Salah satu provider terbaru robotaksi Cruise Origin bakal meluncur.

General Motors, anak perusahaan mobil otonom Cruise, dan Honda bakal meluncurkan layanan robotaksi di Jepang melalui kemitraan baru, Cruise Origin. Kerja sama trilateral perusahaan ini akan memulai layanan di pusat kota Tokyo pada awal 2026.

Layanan ini menyediakan puluhan Cruise Origin. Armada tersebut kemudian akan berkembang menjadi 500 kendaraan Cruise Origin dengan memperluas area layanan di luar pusat Tokyo.

Para eksekutif dari ketiga perusahaan, termasuk CEO GM Mary Barra, CEO Cruise Kyle Vogt, dan CEO Global Honda Toshihiro Mibe mengumumkan hal ini selama menjelang Tokyo Motor Show 2023 di Tokyo pada 26 Oktober mendatang.



"Kami melihat peluang besar di Jepang, karena memiliki potensi untuk menjadi salah satu pasar AV (automatic vehucle) terbesar di dunia mengingat permintaan tinggi saat ini untuk taksi," kata Barra dikutip dari Techcrunch.

Pertimbangan lainnya, Tokyo memiliki kebutuhan tumbuh untuk bentuk transportasi baru karena kekurangan pengemudi dan kebutuhan yang meningkat untuk bentuk transportasi yang dapat diakses.

Kemitraan antara GM, Cruise, dan Honda merupakan perluasan dari kemitraan sebelumnya. Honda dan GM telah bekerja sama sejak 2013 ketika kedua perusahaan mulai bekerja pada sistem sel bahan bakar hidrogen. Cruise Origin, hasil dari kolaborasi multi-tahun dengan perusahaan induk GM dan investor Honda, diungkapkan pada Januari 2020. Dua tahun kemudian, GM dan Honda mengumumkan rencana untuk bersama-sama mengembangkan kendaraan listrik yang terjangkau yang akan diluncurkan di Amerika Utara pada tahun 2027.

"Kami bertiga mengembangkan Origin bersama karena kami tahu diperlukan perusahaan-perusahaan yang kuat, berdedikasi, dengan keahlian unik dan visi yang jelas bekerja sama untuk satu tujuan bersama," kata Barra.

Pengumuman untuk membawa Cruise Origin ke Jepang termasuk pencapaian yang cepat. Sebelumnya jasa robotaksi menimbulkan sejumlah insiden operasional di San Francisco yang menimbulkan penentangan terhadap perusahaan mobil otonom tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2547 seconds (0.1#10.140)