Setang Motor Bergetar? Tanda Velg Perlu Balancing

Minggu, 22 Oktober 2023 - 19:50 WIB
loading...
Setang Motor Bergetar? Tanda Velg Perlu Balancing
Velg merupakan komponen yang penting pada sepeda motor karena menyalurkan tenaga dari mesin ke ban dan menunjang keselamatan berkendara. Foto/Suzuki
A A A
JAKARTA - Velg merupakan komponen yang penting pada sepeda motor karena menyalurkan tenaga dari mesin ke ban. Velg juga menjadi salah satu komponen yang dapat menunjang keselamatan berkendara.

Velg motor yang tidak bulat sempurna bisa memengaruhi keselamatan berkendara karena ban terasa seperti kurang angin atau bocor. Velg yang kurang baik juga bisa memengaruhi kendali atau stang motor yang berdampak pada kenyamanan berkendara.

Apabila terjadi getaran pada setang motor, salah satu tandanya adalah velg perlu dilakukan balancing. Proses ini akan memberikan keseimbangan pada motor ketika dikendarai, dan juha ada berbagaimanfaat lain yang didapatkan setelah melakukan balancing.



Balancing sebenarnya harus dilakukan setiap kendaraan bermotor telah menempuh perjalanan sepanjang 10 ribu kilometer. Perawatan ini dapat dilakukan ketika servis rutin, sehingga kondisi komponen pun dapat diperhatikan dengan lebih detail.

“Jika balancing tidak dilakukan, maka perjalanan Anda bisa menjadi kurang nyaman. Kondisi ban juga menjadi tidak stabil dan bisa saja menimbulkan berbagai risiko keselamatan,” tulis Suzuki dalam keterangan resmi.

Berikut ciri-ciri velg motor perlu balancing

1. Setang motor bergetar

Ketika setang motor terasa bergetar saat digunakan, ini bisa menjadi pertanda bahwa motor tersebut sudah mulai kurang seimbang dan bisa memicu berbagai risiko bahaya saat berkendara.

2. Setang terasa berat

Selain bergetar, setang yang terasa berat juga sebaiknya perlu diwaspadai. Segera lakukan balancing jika hal tersebut mulai mengganggu dalam berkendara.


3. Tidak nyaman untuk berkendara pada kecepatan tinggi

Jika sedang berkendara pada kecepatan tinggi, maka berbagai jenis kerusakan pun biasanya akan lebih mudah terasa. Ketika mulai merasa kurang nyaman, maka bisa saja ada masalah pada bagian velg dan perlu tindakan balancing.

4. Keseimbangan berkurang atau bahkan hilang

Jika tidak melakukan balancing, maka motor akan cenderung tidak seimbang. Ketika mulai merasakan ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya segera lakukan tindakan perawatan yang tepat.

Pada dasarnya, baik motor maupun mobil, perlu dilakukan balancing velg secara rutin untuk menjaga kestabilan dan performa kendaraan. Konsep tindakannya pun tidak jauh berbeda, yaitu dengan memanfaatkan tambahan timah untuk menyeimbangkan velg.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2798 seconds (0.1#10.140)