Honda Ciptakan Mobil Listrik dengan Baterai Portabel

Senin, 23 Oktober 2023 - 11:31 WIB
loading...
Honda Ciptakan Mobil Listrik dengan Baterai Portabel
Inovasi ini akan menghilangkan kebutuhan untuk waktu standby yang lama selama pengisian, karena baterai portabel dapat ditukar dan diisi ulang. (Foto: Carscoops)
A A A
JAKARTA - Honda memperkenalkan konsep MEV-Van, versi mobil listrik eksperimental dari kendaraan komersial ringan N-Van dengan model baterai terpisah.

Konsep ini akan diuji dalam kerja sama dengan perusahaan layanan ekspedisi pengiriman pintu-ke-pintu terbesar di Jepang, Yamato Transport, sebagai solusi potensial menuju masa depan berkarbon netral.

Seperti Honda N-Van e, versi produksi reguler yang dirilis bulan lalu, konsep MEV-Van dilengkapi dengan powertrain listrik sepenuhnya. Alih-alih menggunakan baterai yang terpasang di lantai mobil seperti biasa, MEV-Van menggunakan beberapa modul Honda Mobile Power Pack e yang dapat dilepas dari kendaraan untuk pengisian ulang.

Modul-modul ini dipasang di bawah lantai kabin dan dapat diakses dengan mudah berkat serangkaian lubang akses. Cara pengisian yang tidak konvensional ini berarti bahwa MEV-Van tidak dilengkapi dengan port pengisian di grille depan. Perusahaan tidak mengumumkan jangkauan dari konsep ini, yang mungkin lebih rendah dari jangkauan 210 kilometer (130 mil) yang menjadi target dari N-Van listrik standar.



Dilansir dari Carscoops, Senin (23/10/2023), solusi ini menghilangkan kebutuhan untuk waktu standby yang lama selama pengisian, karena baterai portabel dapat ditukar dan diisi ulang secara independen sepanjang hari. Spesifikasi ini juga membantu mengurangi ketidakseimbangan dalam penggunaan daya puncak karena baterai tidak perlu diisi selama malam hari seperti halnya kebanyakan mobil listrik konvensional.

Selain itu, perusahaan akan menggunakan energi terbarukan yang dihasilkan oleh panel surya untuk mengisi ulang mobil listrik.

Uji coba kendaraan ini akan berlangsung pada November 2023 di Prefektur Gunma, Jepang menggunakan satu unit Honda MEV-VAN . Tujuannya agar mobil listrik ini diuji dalam pengumpulan dan pengiriman barang-barang ekspedisi untuk membuktikan bahwa kinerja, jangkauan, waktu pengisian, dan daya tahan baterainya memadai untuk penggunaan profesional. Sebelum uji coba dimulai, Honda MEV-Van akan dipamerkan di Japan Motor Show 2023.



Honda ingin menjadi pelopor kendaraan berkarbon netral pada 2050, seperti yang dilakukan Grup Yamato yang berencana untuk mengakuisisi 20.000 mobil listrik dan menginstal panel surya untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai Juni 2023, Honda dan Grup Yamamoto mencoba N-Van e: sebelum diluncurkan di pasar Jepang pada musim semi 2024.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2093 seconds (0.1#10.140)