Perluas Pasar Mobil Listrik, Toyota Pakai Teknologi Tesla

Selasa, 24 Oktober 2023 - 18:46 WIB
loading...
Perluas Pasar Mobil Listrik, Toyota Pakai Teknologi Tesla
Toyota Motor Corporation bakal menggunakan teknologi pengisian baterai Tesla dalam mengembangkan mobil listrik terbaru. Foto/Japan Times
A A A
WASHINGTON - Toyota Motor Corporation bakal menggunakan teknologi pengisian baterai Tesla dalam mengembangkan mobil listrik terbaru. Teknologi ini memungkinkan untuk memperluas pasar, khususnya di Amerika Utara pada 2025.

Alasan Toyota mengadopsi teknologi tersebut, untuk mempermudah konsumen mereka dalam mengisi daya mobil listrik pada 12.000 Tesla Supercharger yang tersebar di seluruh Amerika. Sedangkan untuk model lama, Toyota akan melengkapi dengan perangkat Combined Charging System (CCS).

Itu merupakan sebuah adaptor agar soket pada mobil sesuai dengan colokan pada Tesla Supercharger. Hal tersebut diharapkan dapat mempercepat perkembangan kendaraan listrik di Amerika Serikat.



Begitu juga dengan Toyota yang mengharapkan mobil listrik mereka dapat diterima dengan baik setelah tertinggal dari kompetitornya. Dikutip dari laman Japantimes, Selasa (24/10/2023), produsen mobil global, termasuk General Motors dan Mercedes-Benz, juga memutuskan untuk mengadopsi standar Tesla untuk wilayah tersebut.

Perusahaan asal Jepang lainnya, Nissan dan Honda, juga memutuskan untuk memanfaatkan jaringan pengisian daya Tesla. Bukan tanpa upaya, industri otomotif Jepang telah mempromosikan penggunaan standar CHAdeMO.

Teknologi itu dikembangkan oleh perusahaan Jepang dan digunakan secara luas di pasar dalam negeri mereka. Namun, Tesla terus melakukan pengembangan yang membuat para rivalnya tertinggal dalam hal kendaraan listrik.

Hal ini memaksa para kompetitor untuk mengikuti jejaknya agar bisa mengimbangi pergerakan perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat itu. Seperti diketahui, Toyota merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan beragam model kendaraan elektrifikasi.



Ini sejalan dengan konsep multi-pathway yang mereka usung, demi memberikan banyak pilihan ke konsumen. Bukan hanya mobil lsitrik murni yang ditawarkan oleh Toyota untuk memangkas emisi dari kendaraan, tapi juga penggunaan teknologi hybrid.

Bahkan, saat ini mereka sedang mengembangkan mobil bertenaga hidrogen. Kendati begitu, Toyota juga mulai fokus pada pengembangan mobil listrik sejalan dengan tuntutan di beberapa negara.

Produsen asal Jepang itu juga sedang merancang baterai berteknologi tinggi yang bisa menempuh jarak hingga 1.000 km. Untuk memperlancar gagasan tersebut, Toyota menggandeng Idemitsu untuk melakukan pengembangan dan memproduksinya. Jika berhasil, baterai tersebut juga bisa dijual ke produsen lain sehingga bisa memberi kuntungan kepada perusahaan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)