7 Cara Penting Merawat Kendaraan Listrik agar tak Mudah Rusak

Rabu, 25 Oktober 2023 - 17:44 WIB
loading...
7 Cara Penting Merawat Kendaraan Listrik agar tak Mudah Rusak
Sepeda motor listrik memerlukan perawatan khusus agar performa optimal dan awet. (Foto: Wahyu Sibarani)
A A A
JAKARTA - Merawat mobil ataupun motor listrik supaya punya performa andal menjadi kewajiban. Berikut cara penting merawat kendaraan listrik.

Kendaraan listrik telah menjadi pilihan populer bagi banyak penghobi otomotif di seluruh dunia. Alasannya, banyak keuntungan utama memakai kendaraan listrik. Di antaranya emisi karbon yang lebih rendah, hemat bahan bakar, dan performa andal. Namun, seperti semua kendaraan, perawatan yang tepat diperlukan untuk memastikan kendaraan listrik tetap beroperasi dengan baik.

Berikut 7 pentingnya perawatan kendaraan listrik dan beberapa tips perawatan agar tidak mudah rusak:

1. Pemeliharaan Baterai


Baterai adalah komponen kunci dalam kendaraan listrik merawat baterai dengan baik dapat memperpanjang umur kendaraan. Pastikan untuk selalu menjaga tingkat baterai di atas 20% dan hindari mengosongkannya sepenuhnya. Selain itu, lakukan pengisian baterai secara teratur dan hindari pengisian berlebihan.


2. Periksa sistem pengisian


Sistem pengisian kendaraan listrik adalah jantung dari mobil pastikan untuk memeriksa kabel pengisian dan colokan secara teratur. Jika ada kerusakan atau masalah, segera perbaiki atau ganti hindari pengisian di stasiun pengisian yang tidak terpercaya, dan pastikan menggunakan perangkat pengisian yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan yang kamu punya

3. Perawatan rutin


Seperti mobil konvensional , kendaraan listrik juga memerlukan perawatan rutin seperti ganti oli jika kendaraan kamu memiliki sistem pelumasan. Periksa rem, suspensi, dan ban secara berkala pastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

4. Panaskan mesin sebelum dipakai


Saat beroperasi di iklim dingin, pastikan untuk menghangatkan baterai sebelum memulai perjalanan hal ini akan membantu meningkatkan efisiensi baterai dan kinerja kendaraan beberapa kendaraan listrik dilengkapi dengan fitur pemanasan baterai yang dapat membantu

5. Perhatikan ban


Ban yang sesuai dan dalam kondisi baik sangat penting untuk kendaraan listrik ban yang kempis atau aus dapat mengurangi efisiensi dan jarak tempuh. Pastikan tekanan udara ban sesuai dengan rekomendasi produsen dan rotasi ban secara teratur.


6. Hindari kebiasaan berkendara ekstrem


Mengemudi secara agresif atau menghindari pengereman regeneratif dapat mempengaruhi daya tahan baterai cobalah untuk mengemudi dengan tenang dan memanfaatkan pengereman regeneratif sebanyak mungkin untuk mengisi ulang baterai saat mengurangi kecepatan.

7. Perangkat Lunak dan Firmware


Kendaraan listrik sering kali diperbarui melalui pembaruan perangkat lunak, pastikan selalu menjalankan pembaruan yang disediakan oleh produsen.

MG/Farhatun Nabila
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3332 seconds (0.1#10.140)