Boyong eCanter ke Indonesia 2024, Ini Kata Bos Mitsubishi Fuso Soal Prospeknya

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 00:10 WIB
loading...
Boyong eCanter ke Indonesia 2024, Ini Kata Bos Mitsubishi Fuso Soal Prospeknya
President and CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation Karl Deppen di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023). Foto/M Faizal
A A A
TOKYO - Setelah dipajang di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus lalu, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) memastikan truk listrik eCanter akan dipasarkan di Indonesia tahun depan. Namun, bagaimana dengan prospek truk niaga ringan bertenaga listrik tersebut, mengingat ekosistem kendaraan listrik yang belum sepenuhnya sempurna di Indonesia.

Terkait pertanyaan tersebut, President and CEO MFTBC, Head of Daimler Trucks Asia Karl Deppen mengemukakan optimismenya. "Pertama-tama, kami punya kepercayaan penuh terhadap produk ini. Jadi dalam perspektif tersebut, kami sangat percaya diri dari apa yang kami lihat di beberapa pasar lain dan juga apa yang kami lihat di Indonesia," ungkap President and CEO MFTBC Karl Deppen dalam sesi wawancara bersama sejumlah media Indonesia dan Taiwan di sela ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023, di Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023).



Tentunya, kata dia, Mitsubishi Fuso tentu harus menyiapkan pasar untuk eCanter. Di Jepang pun, kata dia, Mitsubishi Fuso harus mempelajari dulu bagaimana infrastruktur charging yang tersedia dan juga bagaimana memodifikasi siklus operasi bagi pengguna. "Dan kami juga percaya akan bisa mengatur hal-hal ini di Indonesia," tuturnya.

Pertanyaan besarnya, lanjut dia, adalah ketersediaan suplai listrik yang stabil dan juga kondisi ekonomi secara umum. Sebab, eCanter memang lebih mahal ketimbang truk versi dieselnya. Namun, imbuh dia, eCanter memiliki jelas keunggulan. Karl mengatakan, eCanter telah dilengkapi dengan teknologi baterai LVP yang lebih tahan lama dan bisa diandalkan, sehingga menghasilkan biaya operasi yang lebih rendah. Sebagai truk tanpa emisi, eCanter pun jauh lebih ramah lingkungan.



Di luar itu, tegas dia, penerimaan tentunya juga akan tergantung dari seberapa besar motivasi pasar Indonesia dalam mengambil langkah menuju Net Zero Emission (NZE). Yang pasti tegas dia, secara produk, eCanter telah siap mengambil peran tersebut.

Disinggung mengenai kebutuhan insentif dari pemerintah untuk mendukung pasar kendaraan listrik di Indonesia, Karl mengakui bahwa keberadaan subsidi tentu dapat mengakselerasi transformasi pasar ke kendaraan listrik. Hal itu, kata dia, juga sudah terbukti di sejumlah negara lain. Secara umum, imbuh dia, skema dukungan terhadap truk listrik dibutuhkan agar transformasi itu tercapai.

Sebagai pemimpin pasar truk di Indonesia, ujar Karl, Mitsubishi Fuso memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi pada transformasi tersebut. Karena itulah, tegas dia, Mitsubishi Fuso membawa eCanter ke Indonesia. "Beberapa mengatakan ini agak terlalu dini, tapi biarlah konsumen yang menentukan. Kami memiliki teknologinya dan kami ingin mendukung konsumen kami bergerak menuju ke depan," tandasnya.

Boyong eCanter ke Indonesia 2024, Ini Kata Bos Mitsubishi Fuso Soal Prospeknya
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2784 seconds (0.1#10.140)