6 Manfaat Membersihkan Kisi-Kisi Kondensor Mobil, Salah Satunya Dapat Menghemat Bahan Bakar

Kamis, 02 November 2023 - 16:24 WIB
loading...
6 Manfaat Membersihkan Kisi-Kisi Kondensor Mobil, Salah Satunya Dapat Menghemat Bahan Bakar
Kisi-kisi kondensor merupakan bagian penting dari sistem pendinginan mobil. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kisi-kisi kondensor merupakan bagian penting dari sistem pendinginan mobil. Bagian ini berfungsi sebagai heat exchanger, yaitu melepaskan panas dari freon atau refrigerant.

Apabila komponen tersebut dalam keadaan kotor, maka dapat mengganggu proses pendinginan. Akibatnya, AC mobil menjadi tidak dingin, bahkan bisa mengeluarkan udara panas.

Meski begitu, beberapa pemilik mobil enggan membersihkan kisi-kisi kondensor mobil karena berbagai alasan. Padahal, membersihkan komponen tersebut bermanfaat bagi kesehatan mobil.

Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapat jika membersihkan kisi-kisi kondensor mobil.

Manfaat Membersihkan Kisi-Kisi Kondensor Mobil


1. Meningkatkan Kinerja AC Mobil


Kisi-kisi kondensor yang bersih akan memungkinkan aliran udara yang lancar ke kondensor, sehingga panas dari freon dapat terbuang dengan efisien. Hal ini akan membuat AC mobil bekerja lebih baik, menghasilkan pendinginan yang lebih cepat dan dingin.



Jika kisi-kisi kondensor sangat kotor, panas tidak dapat terbuang sepenuhnya. Hal ini membuat suhu freon tidak dapat turun hingga mencapai bentuk cairnya yang diperlukan untuk melewati katup ekspansi.

2. Menghemat Bahan Bakar


Kisi-kisi kondensor yang bersih juga akan membantu menghemat bahan bakar mobil. Hal ini dikarenakan AC mobil yang bekerja dengan baik akan membutuhkan daya listrik yang lebih rendah dari alternator. Dengan demikian mesin tidak perlu bekerja lebih keras untuk menghasilkan listrik.

Selain itu, AC mobil yang dingin juga akan membuat pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman. Oleh karenanya tidak perlu menambah kecepatan atau menyalakan kipas angin tambahan yang juga akan memakan bahan bakar.

3. Memperpanjang Umur AC Mobil


Kisi-kisi kondensor yang kotor dapat menyebabkan kondensor AC mobil bekerja lebih keras. Akibatnya dapat mengurangi usia pakai sistem pendinginan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2562 seconds (0.1#10.140)